DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA KEUNIKKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD/MI

YOLANDA, DEA (2019) DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA KEUNIKKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 dea.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 dea.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 dea.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 dea.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema daerah tempat tinggalku subtema keunikkan daerah tempat tinggalku yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Tessmer yang terdiri dari tahap Preliminary (tahap persiapan dan tahap pendesainan) dan tahap formative evaluation (self evaluation, one to one, small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV E SDN 226 Palembang dengan jumlah 27 orang. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang valid dilihat dengan hasil skor serta saran dan komentar dari validator dengan hasil kevalidan tertinggi sebesat 80. (2) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang praktis dilihat dari hasil angket responden guru sebesar 82. (3) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang efektif dilihat dari hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 90% nilai lebih dari 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:36
Last Modified: 13 Sep 2021 03:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item