STRATEGI KOMUNIKASI GURU PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA (STUDI KASUS SDLB HARAPANMANDIRI YAYASAN BINA AUTIS MANDIRI PALEMBANG)

Pramana, Dian (2015) STRATEGI KOMUNIKASI GURU PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA (STUDI KASUS SDLB HARAPANMANDIRI YAYASAN BINA AUTIS MANDIRI PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DIAN PRAMANA (10510010).pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Anak autis di Indonesia semakin tahun semakin banyak, pendidikan merekapun harus bisa di jalankan sebagaimana mestinya, melihat betapa sulitnya mendidik anak autis, maka saya sangat tertarik untuk membahas skripsi tentang Strategi Komunikasi Guru Pada Anak Autis, Permasalahan penelitian ini adalah : Bagaimana atrategi komunikasi guru pada anak autis (Studi Pada Siswa SDLB Bina Autis Mandiri Palembang), serta hambatan apa saja yang di temui guru dalam berkomunikasi pada anak autis (Studi Pada Siswa SDLB Bina Autis Mandiri Palembang).Dalam penelitian ini terdapat dua informan yaitu : Informan kunci yaitu 10 guru. Sedangkan Informan pendukung yaitu 12 orang tua wali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dimana sumber datanya diperoleh dan dikumpulkan dari hasil pengolahan data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa deskripsi ide-ide. Pemikiran-pemikiran tentang sesuatu yang berhubungan dengan sumber data primer. Mengenai tehnik pemngumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang berhubungan dengan skripsi ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan pola pengajaran terhadap anak autis yang ada di yayasan Bina Autis Mandiri. Karena penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) maka data yang dihimpun dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang langsung diambil dari lapangan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Strategi Komunikasi Guru Pada Anak Autis (Studi Pada Siswa SDLB Bina Autis Mandiri Palembang) adalah guru harus menggunakan strategi dengan memahami psikologi anak autis serta menerapkan prinsip-prinsip komunikasi yaitu dengan menggunakan bahasa verbal dan nonverbal, materi agar direspon, prilaku tegas namun penuh kasih sayang, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, mengarahkan agar mengikuti aturan, memenuhi tahapn belajar mengajar, mampu menyikapi perbedaan latar belakang sosial budaya, menerapkan metode mengajar secara rutin, mengendalikan proses belajar mengajar, menciptakan efek positif dari apa yang diajarkan, komunikasi secara terus menerus. Kedua, Hambatan Komunikasi Guru Pada Anak Autis SDLB Bina Autis Mandiri Palembang adalah hambatan dalam bahasa verbal dan nonverbal, pada tingkat merespon, sulitnya anak autis menerima materi, menyikapi kelakuan anak autis, mengatasi situasi dan kondisi, dalam menerapkan tahapan mengajar, dalam menyikapi perbedaan latar belakang sosial budaya, dalam menjalankan metode mengajar, dalam proses belajar mengajar, memberikan efek positif, serta selalu berkomunikasi pada anak autis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:38
Last Modified: 13 Sep 2021 03:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10033

Actions (login required)

View Item View Item