PERAN AJI PALEMBANG DALAM ADVOKASI MASALAH HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Kasus Pemutusan Hubungan Kerja di Koran Sindo Palembang)

WD, Budi (2018) PERAN AJI PALEMBANG DALAM ADVOKASI MASALAH HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Kasus Pemutusan Hubungan Kerja di Koran Sindo Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BUDI terbaru 2019 - Copy.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apa konsep hubungan industrial perusahaan pers dengan karyawannya? dan Bagaimana peran AJI Palembang dalam advokasi masalah pemutusan hubungan kerja pada perusahaan pers di Kota Palembang?Lokasi yang menjadi objek penelitian iniyaitu Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No. 1273 Simpang Sekip Pangkal Palembang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer penulis peroleh dari observasi dan juga didapatkan melalui proses wawancara dengan informan. Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui telaah pustaka dan dari dokumen atau arsip-arsip yang terdapat pada AJI.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data-data bersifat penelitian kualitatif untuk menemukan yang diinginkan oleh peneliti.Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan industrial yang terjadi antara perusahaan pers dengan pekerja terutama terhadap jurnalis di Kota Palembang dapat dikatakan kurang harmonis dan tidak kondusif. Peran AJI Palembang dalam advokasi kasus�kasus ketenagakerjaan yang dialami jurnalis secara umum dapat dikatakan sudah maksimal. Hal ini salah satunya dapat digambarkan dari keberhasilan advokasi yang dilakukan AJI Palembang terhadap kasus PHK massal Koran Sindo yang membuahkan hasil. Kata Kunci: Peran, AJI, Advokasi, Hubungan Industrial

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:42
Last Modified: 13 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item View Item