IMPLEMENTASI UNDANG- UNDANG PERS DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KEMERDEKAAN PERS BAGI WARTAWAN (STUDI KASUS PADA ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN (AJI) PALEMBANG

Febriyanti, Febriyanti (2019) IMPLEMENTASI UNDANG- UNDANG PERS DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KEMERDEKAAN PERS BAGI WARTAWAN (STUDI KASUS PADA ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN (AJI) PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Implementasi Undang-Undang Pers Dalam Memberikan Perlindungan Kemerdekaan Pers Bagi Wartawan (Studi Kasus Pada Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana pengaturan undang-undang no. 40 tahun 1999 tentang pers dan bagaimana pengimplementasian undang-undang pers dalam memberikan perlindungan kemerdekaan pers bagi wartawan AJI Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaturan undang-undang no. 40 tahun 1999 tentang pers dan untuk mengetahui implementasi undang-undang pers dalam memberikan perlindungan kemerdekaan pers bagi wartawan AJI Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 6 informan dalam teknik ini peneliti menentukan informan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dengan menggunkan metode penelitian kualitatif case study menghasilkan data wawancara, penelusuran data online dan dokumentasi. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian adalah pengaturan undang-undang pers dalam memberikan perlindungan kemerdekaan pers bagi wartawan sudah sangat baik, seperti yang terdapat dalam pasal 4 (1), (2), dan (3), dan pasal 8, serta pasal 18 undang-undang pers. Namun dalam pengimplementasiannya di Kota Palembang undang-undang pers tersebut belum maksimal dilaksanakan, karena masih banyak pihak-pihak yang belum paham akan hakikat seorang wartawan serta undang-undang pers tersebut dan juga masih saja terdapat kekerasan terhadap wartawan. Kata Kunci: Kemerdekaan Pers, UU Pers, Wartawan, AJI Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:42
Last Modified: 13 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item