EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM IPA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

Zikrika, Zikrika (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM IPA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI zikrika.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul efektifitas penggunaan laboratorium IPA dalam pembelajaran biologi di SMP Negeri 3 Palembang, masalah pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan dianggap pokok dalam kehidupan manusia, salah satunya yaitu pemanfatan laboratorium IPA dalam pembelajaran kurang dilakukan di sekolah-sekolah. Hal itu dapat disebabkan karena kurangnya ruangan ataupun alat-alat dan bahan laboratorium serta tidak adanya teknisi labor dan kurangnya pengelolahan laboratorium. Laboratorium adalah suatu tempat proses belajar mengajar dengan aktivitas praktikum yang melibatkan interaksi antara siswa, peralatan, dan bahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melalui data yang disajikan adalah sumber primer meliputi kepala laboratorium, guru. dan sumber sekunder adalah berupa buku-buku yang berkaitan tentang penelitian, hasil wawancara, angket, dokumentasi, serta data-data yang penunjang lainnya. Dimana hasil dari penelitian ini dengan rumusan masalah yaitu: penggunaan laboratorium di SMP Negeri 3 Palembang dalam pembelajaran kurang efektif karena dilihat dari kurangnya ketermanfaatan penggunaan laboratorium dalam praktikum. Faktor yang menyebabkan kurang efektifnya penggunaan laboratorium di sekolah tersebut dikarenakan tidak adanya teknisi laboratorium, tenaga labor, serta kurangya jam pelajaran. Kata Kunci : Laboratorium IPA, Pembelajaran, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LC ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:34
Last Modified: 13 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item