ANALISIS PEMBERITAAN KEPENTINGAN EKONOMI DAN POLITIK DALAM PEMBANGUNAN PULAU REKLAMASI DI JAKARTA UTARA MELALUI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN CNN INDONESIA

Alifah Rahdiana, Putri (2020) ANALISIS PEMBERITAAN KEPENTINGAN EKONOMI DAN POLITIK DALAM PEMBANGUNAN PULAU REKLAMASI DI JAKARTA UTARA MELALUI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN CNN INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
PUTRI ALIFAH RAHDIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Reklamasi merupakan suatu kegiatan dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurukan. Tahun 2017 di adakan pemilihan Gubernur Di DKI Jakarta yang ada tiga kandidat calon Gubernur yang dimana saat terjadi pemilihan Gubernur DKI Jakarta Munculah bemberitaan terhangat tentang Pulau Reklamasi teluk Jakarta yang di bahas lagi oleh salah satu calon Gubernur DKI Jakarta yaitu bapak Anies Baswedan sebagai calon ketua Gubernur DKI Jakarta dan Sandiaga Uno sebagai wakil, yang dimana pembangunan pulau reklamasi menuai kehebohan dari berbagai pihak. Dan Menurut calon pilgub Anis Baswedan dan Saniaga Uno tidak setuju akan ada nya reklamasi tetapi pulau reklamasi tersebut di manfaatkan untuk rakyat bukan kelompok tertentu dan kepentingan kepentingan lain yang ada dalam pembangunan pulau reklamasi teluk Jakarta. Pembanguna pulau reklamasi yang dimana di dalam nya akan di isi pusat bisnis, objek wisata, industri yang dimana untuk kepentingan ekonomi untuk menghujutkan kepentingan ekonomi melalui proses politik. Peneliti mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis. Teknik pengumpulan data berokus pada pengamatan berita di media massa yaitu Kompas dan CnnIndonesia tentang kepentingan ekonomi dan politik dalam pembanguan pulau reklamasi di Jakarta Utara yang di jadikan objek penelitian. Teknik analisis data disesuaikan dengan analisis wacana Teun A. Van Dijk yakni analisis teks dan konteks sosial. Hasil dari penelitian terlihat adanya kepentingan ekonomi yang menguntungan untuk para pengembang dan orang yang berkentingan yang mempunyai kekuasaan dan politik di manfaatkan untuk kepentingan pribadi dalam pembanguan pulau reklamasi di Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:48
Last Modified: 13 Sep 2021 03:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item