PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) DAN PEMBIAYAAN TERHADAP MARKET SHARE PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA MELALUI ASET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

WULANDARI, VIVIN (2019) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) DAN PEMBIAYAAN TERHADAP MARKET SHARE PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA MELALUI ASET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS, CD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah telah memasuki tahun kedua dekade sejak berdirinya bank syariah di Indonesia, namun seiring dengan perkembangannya saat ini, market share bank syariah baru mencapai 5,3%, dan ini masih jauh dari yang ditargetkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menargetkan market share diangka 20%. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk melihat variabel apa saja yang mempengaruhi tingkat market share perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Pembiayaan (PMBY) terhadap Market Share (MS)Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2013-2017 melalui Aset sebagai variabel intervening. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antara variabel DPK dan Pembiayaan terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia melalui variabel aset sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dua cara, yaitu memilih objek berdasarkan tiga elemen (social situation) dan sampel (purposive sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Setelah itu data dianalisis secara kuantitatif berdasarkan peraturan perundang�undangan yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang diajukan sehingga memperoleh suatu kesimpulan yang signifikan dan alamiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel DPK, PMBY, dan ASET secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap market share (MS) perbankan syariah. Dan secara parsial, DPK tidak berpengaruh terhadap MS, PMBY berpengaruh negatif signifikan terhadap MS, dan Aset berpengaruh positif signifikan terhadap MS. Variabel DPK dan PMBY terhadap MS melalui ASET sebagai variabel intervening memiliki nilai koefisien jalur yang tidak signifikan, sehingga ASET belum mampu memediasi antara DPK dan MS, serta PMBY dan MS. Sehingga dapat disimpulkan ASET hanya bertindak sebagai variabel independen. Pengaruh tidak langsung antara DPK dan MS, yaitu sebesar 0,968 dan pengaruh tidak langsung antara PMBY dan MS sebesar 0,508.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:49
Last Modified: 13 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item