PROSES INTERNALISASI NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KABUPATEN BANGKA BARAT

SUNADI, MUHAMMAD (2019) PROSES INTERNALISASI NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KABUPATEN BANGKA BARAT. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I TESIS.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TESIS.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III TESIS.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V TESIS.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Muhammad Sunadi, NIM. 1702012149. Proses Internalisasi Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Bangka Barat. Masalah disiplin dan tanggung jawab masih menjadi problematika kehidupan yang cukup luas. Proses internalisasi nilai disiplin dan tanggung jawab pada siswa di sekolah sangat penting untuk di lakukan dalam rangka membentuk kepribadian peserta didik agar menjadi bekal dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis proses internalisasi nilai disiplin dan tanggung jawab pada siswa di sekolah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru dan orang tua. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan proses internalisasi nilai disiplin dilakukan dengan pengintegrasian dalam pembelajaran dan pembiasaan diluar jam pelajaran. Proses internalisasi nilai tanggung jawab dilakukan dengan penugasan dan pembiasaan menjalankan tanggung jawab. faktor pendukungnya adalah Kepala Sekolah, guru dan orang tua berperan aktif dalam proses internalisasi. Faktor penghambatnya adalah masih rendahnya tingkat kesadaran siswa dan latar belakang tingkat sosial yang berbeda.Solusinya perlu peningkatan kerjasama antara pihak sekolah (intern) dan pihak orang tua (ekstern)agar proses internalisasi nilai disiplin dan tanggung jawab dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 13 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item