SISTEM PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ ASH-SHOLIHIN BINAAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA SUMATERA SELATAN

AMIN, MUHAMMAD SAIFUL (2019) SISTEM PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ ASH-SHOLIHIN BINAAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Muhammad Saiful Amin, NIM. 1702012148. Sistem Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Ash-Sholihin Binaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan. Pengaruh era globalisasi menjadikan semakin terpuruknya ahlak anak usia sekolah. Seiring berjalannya waktu, tumbuh kesadaran yang mendalam dari orang tua dan juga dari kalangan cendekiawan terutama para pengajar madrasah kepada 16 17 kerinduan mereka terhadap pendidikan Al-Qur’an. Berawal dari itu semua, Kepala Kementerian Agama Sumatera Selatan berinisiatif untuk mendirikan sebuah lembaga, yang mana lembaga tersebut khusus bergerak dibidang pendidikan AlQur’an dan cara menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan mudah. Adalah rumah tahfidz Ash-Sholihin, sebuah lembaga yang dibina langsung oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan, sebagai upaya mendidik siswa agar memiliki keahlian membaca dan menghafal Al-Qur’an serta ilmu pengetahuan keIslaman, sehingga terwujud generasi penghafal Al-Qur’an dan berahlak AlQur’an. Pembentukan rumah tahfizd ini juga menjadi salah satu upaya strategis untuk menangkal dampak negatif dari era globalisasi, yakni terjadinya dekadensi moral di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pelaksanaan program pembelajaran tahfidzul qur’an dan faktor-faktor pendukung dari terlaksananya program tahfidzul qur’an di Lembaga Rumah Tahfidz Ash-Sholihin Binaan Kanwil Kemenag Sumsel. Peneitian ini termasuk penelitian lapangan yang mengacu pada penelitian kualitatif, dimana peneliti merupakan instrument kunci. Metode pengumpulan data dan analisisnya, penulis mengacu pada kaedah penelitian diskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus prospektif. Tehnik pengumpulan data antara lain: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dibutuhkan dalam penulisan ini adalah data kualitatif, sedangkan untuk memperoleh sumber data digunakan tehnik purpossive sampling. Untuk analisis data menggunakan reduksi, display, dan menyimpulkan data, sedangkan untuk memperoleh keabsahan data ditentukan oleh empat kriteria yaitu tingkat credibility, trasferability, dependability), dan confirmability. Temuan dari hasil penelitian yaitu : (1). Sistem pembelajaran tahfidzul Qur’an di Rumah Tahfidz Ash-Sholihin mentargetkan hafalan sempurna, hafalan yang bisa diuji langsung di depan umum. Dengan sistem evaluasi hafalan yang dilakukan dengan 2 cara, yaitu: evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi akhir pembelajaran, diharapkan lulusannya menjadi percontohan di madrasahnya sendiri dan madrasah-madrasah yang lain dari segi lancarnya hafalan, mental yang tinggi, dan kepribadian Qur’ani. (2). Faktor penunjang terlaksananya program pembelajaran tahfidzul Qur’an di Rumah Tahfidz Ash-Sholihin antara lain sebagai berikut: faktor tujuan, faktor guru, faktor murid, faktor situasi, dan faktor fasilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:34
Last Modified: 13 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item