ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, PENDIDIKAN DAN PERSEPSI NASABAH DALAM PERMINTAAN PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS BMT INSAN MULIA)

Palgam, Fitriani (2017) ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, PENDIDIKAN DAN PERSEPSI NASABAH DALAM PERMINTAAN PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS BMT INSAN MULIA). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fitriani Palgam 2012-2017.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

“Analisis Pengaruh Pendapatan, Pendidikan dan Persepsi Nasabah dalam Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus BMT Insan Mulia).” Pengetahuan masyarakat yang sekarang ini minim akan lembaga keuangan syariah seperti BMT dan budaya serta kebiasaan mereka akan produk perbankan konvensional, menjadikan mereka seakan tidak memiliki pilihan untuk meminjam dana guna memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga mau tidak mau mereka pun seakan terpaksa meminjam dana pada lembaga keuangaan konvensional seperti bank yang memiliki bunga berlipat-lipat. Fenomena ini membuat keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) seakan menjadi angin segar bagi masyarakat. Khususnya para pengusaha golongan menengah ke bawah seperti pedagang kecil dalam memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus memusingkan bunga yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pendidikan dan persepsi nasabah dalam permintaan pembiayaan pada lembaga keuangan syariah di BMT Insan Mulia. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah pendapatan(X1), pendidikan (X2) dan persepsi (X3). Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini menggunakan hipotesis sebagai berikut: (1) Diduga pendapatan anggota berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Insan Mulia (2) Diduga pendidikan anggota berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Insan Mulia (3) Diduga persepsi anggota terhadap pelayanan BMT berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Insan Mulia (4) Diduga pendapatan, pendidikan dan persepsi anggota secara bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan pada BMT Insan Mulia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang didapatkan dari hasil kuisoner dari para Responden yang berjumlah 53 orang. Berdasarkan hasil analisis penelitian menggunakan Regresi berganda diketahui bahwa Pendapatan berpengaruh positif secara signifikan terhadap permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah 25,7% dan Persepsi berpengaruh positif secara signifikan terhadap permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah sebesar 33,5%. Sedangkan Pendidikan tidak berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan lembaga keuangan syariah. Untuk hasil analisis pengaruh Pendapatan, Pendidikan, dan Persepsi secara bersama-sama didapatkan hasil berpengaruh positif secara signifikan terhadap permintaan pembiayaan sebesar 37,9% sedangkan 62,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Permintaan pembiayaan, BMT, Pendapatan, Pendidikan, Persepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:34
Last Modified: 13 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item