KONFLIK AGRARIA (Study Kasus PenguasaanLahan Di Desa Tanjung Sari I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Saniyah, Saniyah (2019) KONFLIK AGRARIA (Study Kasus PenguasaanLahan Di Desa Tanjung Sari I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul Penelitian Ini adalah ‘’ Konflik Agraria (Study Kasus Tumpang Tindih Penguasaan Lahan Di Desa Tanjung Sari I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten OganKomering Ilir), Tulisan ini bertujuan untuk mengurai dan mendikusikan dan mengetahui bagaimana proses sengketa pertanahan, dalam penguasaan tanah di Desa Tanjung Sari I, dan seperti apa penyelesaian persengketaan tersebut, dari objek sengketa antara PT Mutiara Bunda Jaya (Sampoerna Agro)’’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Studi kasus bertujuan untuk memperoleh pemahaman utuh dan terintegrasi mengenai interrelasi berbagai fakta dan dimensi dari kasus tersebut. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Konflik agraria (sertifikat ganda) yang terjadi didesa Tanjung Sari I merupakan konflik klaim lahan antara masyarakat Desa Tanjung Sari I dengan perusahan PT Sampoerna Agro dan konflik ini terjadi selama 12 tahun yaitu dari masuknya PT Sampoerna Agro 2007, konflik tersebut hingga saat ini belum ada titik penyelesaian, akan tetapi dari kedua bela pihak yaitu masyarakat Desa Tanjung Sari I dan pihak PT Sampoerna Agro memiliki kesepakatan tentang renteng/boncengan, isi dari kesepakatan tersebut yaitu mengenai bagi hasil keseluruh anggota plasma KUD Tanjung Mesayu. status tanah yang menjadi objek sengketa adalah tanah masyarakat Desa Tanjung Sari I, adapun faktor yang menyebabkan persengketaan (sertifikat ganda) adalah pertama,keterbelakangnya pendidikanDesa Tanjung Sari I sesuai dengan profil desa Tanjung Sari I mayoritas masyarakatnya lulusan pendidikan SD dengan 90%, 10% pendidikan SMP,SMA.Kedua, cacatnya hukum jual beli tanah, ketiga, kesalahan administrasi oleh pihak aparat Desa (kades), keempat, ketidak jelas kepemilikan hak atas sebidang tanah. Kata Kunci : Konflik Agraria, Sengketa Tanah, Setifikat Ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:34
Last Modified: 13 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item