PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

Saputra, Obby (2018) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bab 1,2,3,4,5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan persoalan kompleks yang masih sulit terpecahkan hampir di setiap daerah di Indonesia, selain itu kemiskinan pun merupakan salah satu tolak ukur kondisi sosial ekonomi dalam menilai keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah di suatu daerah. Banyak sekali masalah sosial yang bersifat negatif timbul akibat meningkatnya kemiskinan. Sumatera Selatan merupakan provinsi yang tingkat kemiskinannya masih relatif tinggi dengan tingkat pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tingkat kemiskinan ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya Pertumbuhan Ekonomi melalui PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) IPM (Indeks Pembangunan Manusia) dan pengangguran. Selain faktor-faktor tersebut, masalah kemiskinan tidak bisa terlepas dari masalah waktu (periode) sehingga analisis kemiskinan ini memerlukan pendekatan analisis yang tidak hanya mempertimbangkan data cross section namun juga menggunakan data time series. Analisis yang tepat untuk permasalahan ini adalah analisis data panel. Studi ini meneliti tentang pengaruh pertumbuhan ekonomi, IPM dan pengangguran terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan, dalam hal ini untuk seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan tahun 2011-2015. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menganalisis bagaimana dan seberapa besar Pertumbuhan ekonomi, IPM dan pengangguran berpengaruh terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan, sehingga nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam penentuan kebijakan dalam mengatasi kemiskinan di Sumatera Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier panel data dengan bantuan EVIEWS 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi, IPM berpengaruh negatif terhadap kemiskinan sedangkan pengangguran berpengaruh positif terhadap kemiskinan di Sumatera Selatan pada tahun 2011-2015. Kata Kunci: Kemiskinan , Pertumbuhan Ekonomi, IPM, Pengangguran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:35
Last Modified: 13 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item