UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBACA SURAT AL - FALAQ MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS III SD NEGERI 21 TALANG KELAPA KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

SUKARN, SUKARN (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBACA SURAT AL - FALAQ MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS III SD NEGERI 21 TALANG KELAPA KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I IBU SUKARNI.doc

Download (109kB)
[img] Text
BAB II IBU SUKARNI.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III sukarni.doc

Download (104kB)
[img] Text
COPER SUKARNI.docx

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK IBU SUKARNI.doc

Download (204kB)
[img] Text
perbaikan skripsi.docx

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi penulis pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa kelas III SD Negeri 21 Talang Kelapa Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin yang berjumlah 17 orang, namun hanya ada 3 siswa yang mampu membaca Al-Qur’an surat Al-Falaq dengan baik dan benar. Sedangkan 14 siswa lainnya tidak ada yang bisa membaca surat Al-Falaq, walaupun ada namun masih banyak kesalahan dalam hal Tajwid, harokat dan mahrojnya. Berdasarkan identifikasi masalah di atas, yang menjadi fokus perbaikan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa pada kelas III SD Negeri 21 Talang Kelapa Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin adalah: “Apakah penerapan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa membaca surat Al-Falaq pada siswa kelas III SD Negeri 21 Talang Kelapa Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah penerapan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa membaca surat Al-Falaq di kelas III SD Negeri 21 Talang Kelapa Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Dengan penggunaan metode latihan pada materi surat Al-Falaq terdapat peningkatan pada setiap siklus. Sebelum menggunakan metode latihan perolehan nilai siswa rata-rata 45,58. namun pada siklus pertama nilai rata-rata menjadi 60,58 bahkan pada siklus kedua nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat lagi menjadi 76,82 dari skor nilai KKM. 70. Sedangkan dari segi persentase ketuntasan hasil belajar siswa membaca surat Al-Falaq. Pada prasiklus belum ada siswa yang kemampuan membacanya mencapai ketuntasan atau pada prasiklus ketuntasan hanya 0%, tapi pada siklus I sudah ada 5 orang siswa atau 30 % dari siswa telah mencapai ketuntasan dan pada siklus II seluruh siswa yang berjumlah 17 orang semuanya telah mencapai ketuntasan atau 100 % tuntas. Maka dengan demikian terjawablah rumusan masalah bahwa metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa membaca surat Al-Falaq di Kelas III SD Negeri 21 Talang Kelapa Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB1501 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 13 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10246

Actions (login required)

View Item View Item