KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI PONDOK PESANTREN MUQIMUS SUNNAH

HERLINA, HERLINA (2015) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI PONDOK PESANTREN MUQIMUS SUNNAH. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS KESELURUHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis yang berjudul, “Komunikasi Pembelajaran Materi Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah”. Adapun yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi yang diterapkan guru Akidah Akhlak di pondok pesantren muqimus sunnah serta faktor apa saja yang mempengaruhinya? Berangkat dari latar belakang pondok pesantren muqimus sunnah sebagai sebuah lembaga yang yang bervisi iqomus sunnah dalam mendidik akidah dan akhlak siswanya di tengah krisisnya moral saat ini. Jenis penelitian dalam tesis ini merupakan penelitian kualitatif adalah menjelaskan, menggambarkan, dan menguraikan kemudian ditarik kesimpulan mengenai komunikasi pembelajaran materi Akidah Akhlak di pondok pesantren muqimus sunnah palembang. Adapun informan dalam penelitian ini adalah siswa Pondok Pesantren Muqimus Sunnah dan 2 Guru Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Sumber data terdiri dari sumber data primer diperoleh dari sumber pertama yakni siswa yang sampelnya ditentukan secara random dan 2 guru Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah. Sedangkan sumber data sekunder berupa buku�buku dan dokumentasi sekolah yang berkenaan dengan penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diperiksa kebenarannya, kemudian diedit, selanjutnya data tersebut diklasifikasikan sesuai dengan aspek-aspek masalah yang ada, lalu disederhanakan, disajikan dan ditarik kesimpulan dan diperoleh hasil. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman dan triangulasi sehingga permasalahan dilihat dari berbagai sudut, baik dari berbagai sumber, masalah dan metode pengumpul data. Adapun hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Berdasarkan pada rumusan masalah, paparan data dan temuan penelitian di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi pembelajaran materi akidah akhlak di pondok pesantren muqimus sunnah dikatakan efektif karena kejelasan penjelasan komunikasi jelas, bahasa dan informasi dalam komunikasi tepat, konteks komunikasi sesuai dengan keadaan dan lingkungan yang ada, alur komunikasi mudah dipahami, dan komunikasi pembelajaran materi akidah akhlak sudah sesuai dengan budaya setempat. Kedua, faktor yang mempengaruhi komunikasi pembelajaran materi Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah, diantaranya; (1)Guru, (2)pesan yang disampaikan, (3)siswa, (4)konteks pesan, (5)sistem penyampaian. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, saran yang dapat penulis sampaikan yaitu hendaknya dalam mengajar guru harus terus menerus memperhatikan kesiapan siswa sebelum memulai pelajaran, membangunkan motivasi siswa setinggi mungkin sehingga siswa benar-benar semangat mengikut pelajaran, menyiapkan alat penarik perhatian semenarik mungkin bagi siswa sehingga siswa benar-benar memperhatikan apa yang mereka pelajari, membuat siswa berpartisipasi lebih aktif sehingga keaktifan siswa tidak hanya sebatas mendengarkan apa yang dijelaskan guru, mengadakan pengulangan apa yang sudah dijelaskan kepada siswa, memberikan umpan balik kepada siswa, menghindari materi yang tidak relevan, menggunakan dan memakai bahasa dan informasi yang jelas dan benar, menyesuaikan penyampaian materi deng

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Pascasarjana > Program Doktoral > 86008 - Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:51
Last Modified: 13 Sep 2021 04:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10271

Actions (login required)

View Item View Item