DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DI KELAS IV SD/MI

RAHMAINI, ARGISTA (2019) DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DI KELAS IV SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema indahnya keragaman di Negeriku subtema keragaman suku bangsa dan agama di Negeriku yang valid, (2) Menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema indahnya keragaman di Negeriku subtema keragaman suku bangsa dan agama di Negeriku yang praktis, dan (3) Menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema indahnya keragaman di Negeriku subtema keragaman suku bangsa dan agama di Negeriku yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Tessmer yang terdiri dari tahap Preliminery (tahap persiapan dan tahap pendesainan) dan tahap formative evaluation (self evaluation, one to one, small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan Skala Likert sedangkan keefektifan menggunakan rumus nilai pengetahuan dan ketuntasan individual dan klasikal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.I SDN 88 Palembang dengan jumlah 31 orang. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang valid dilihat dengan hasil kevalidan tertinggi sebesar 80. (2) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang praktis dilihat dari hasil angket respons peserta didik sebesar 100 (3) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang yang efektif dilihat dari hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 96 atau 96% nilai ≥ 75. Kata kunci :Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
?? LB ??
?? LB1501 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:08
Last Modified: 13 Sep 2021 06:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item