IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI 25 NABI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 259 PALEMBANG

Purnama Sari, Widyia (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI 25 NABI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 259 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab I.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (124kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Visual terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi 25 Nabi pada Siswa kelas V SD Negeri 259 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran mata pelajaran PAI materi 25 Nabi di SDN 259 palembang masih menggunakan metode yang tidak sesuai dengan materi sehingga siswa kurang mengerti pembahasan tentang 25 Nabi. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk mendapatkan hasil belajar yang baik pada materi 25 Nabi dengan menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan visual diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran dan dapat memahami materi tentang 25 Nabi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis Kecerdasan Visual dalam mata pelajaran PAI materi 25 Nabi pada siswa kelas V SDN 259 Palembang, dan Apakah ada pengaruh yang signifikan dari Impelentesi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi 25 Nabi pada siswa kelas V SDN 259 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikam treatment, dan untuk mengetahui adakah pengaruh dari Implementasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Visual terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi 25 Nabi pada Siswa kelas V SD Negeri 259 Palembang. Adapun Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas experimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni pre-test post-test control group design dan data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknis analisis data yang digunakan adalah uji “T” yang mana jika (thitung > ttabel) Ha diterima maka ada pengaruh yang signifikan dan jika (thitung > ttabel) HO ditolak maka tidak ada pengaruh yang signifikan. Uji “T” dapat dilihat dari hasil belajar pre-test dan post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran Kecerdasan Visual yang diterapkan pada siswa kelas V di SDN 259 Palembang ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran berbasis Kecerdasan Visual dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi 25 Nabi, hal itu dapat dilihat dari hasil uji hipotesis soal soal post-test. Pada soal post-test, thitung > ttabel (3,37 > 2,46). Dari hasil tersebut, Ha diterima dan Ho ditolak maka ada pengaruh dalam penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:09
Last Modified: 13 Sep 2021 06:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item