PENETAPAN PAJAK PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA PALEMBANG)

Alwahdi, Nazmi (2017) PENETAPAN PAJAK PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Nazmi Alwahdi 12190137.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai-nilai Ekomomi Islam seperti nilai tauhid, keadilan, musyawarah, amanah dan kebebasan telah ada dan diterapkan dalam sistem perpajakan di Indonesia. Lebih khususnya pada penetapan pajak pegawai negeri sipil. Kemudian pada akhirnya penelitian ini mengevaluasi apakah terdapat kesesuaian nilai-nilai Islam dengan nilai-nilai yang ada dalam mekanisme penetapan pajak pada pegawai negeri sipil. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang berbentuk informasi, seperti UndangUndang, peraturan, dan kebijakan-kebijakan perpajakan di Indonesia serta informasi lain yang digunakan untuk membahas rumusan masalah. Dari hasil penelitian, pajak yang ditetapkan terhadap pegawai negeri sipil sudah memenuhi kriteria dalam ekonomi islam antara lain adanya nash (AlQur’an dan Hadist), dikenakan hanya terhadap orang kaya dan adanya ketentuan kemaslahatan umum. Namun dari sisi pendistribusian pajak masih kurang adil dan belum proporsional. Ditambah dengan kurangnya sosialisasi dan transparanya terhadap Pegawai Negeri Sipil. Kata kunci : Penetapan pajak, Pegawai Negeri Sipil dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:09
Last Modified: 13 Sep 2021 06:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item