MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PERILAKU TERCELA KELAS VIII SMPN 4 SUNGAI LILIN

Rejeki, Sri (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PERILAKU TERCELA KELAS VIII SMPN 4 SUNGAI LILIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab1.docx

Download (65kB)
[img] Text
bab2.docx

Download (41kB)
[img] Text
bab3.docx

Download (36kB)
[img] Text
bab5.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Make A Match Pada Mata Pelajaran PAI Materi Perilaku Tercela Kelas VIII SMPN 4 Sungai Lilin. Rumusan masalah “ Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode make a match pada mata pelajaran PAI materi perilaku tercela kelas VIII di SMPN 4 Sungai Lilin? ” “ Bagaimana pelaksanaan penerapan metode make a match pada mata pelajaran PAI materi perilaku tercela kelas VIII di SMPN 4 Sungai Lilin?” “ Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan metode make a match pada mata pelajaran PAI materi perilaku tercela kelas VIII di SMPN 4 Sungai Lilin? ” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan metode make a match kemudian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode make a match pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi perilaku tercela kelas VIII di SMPN 4 Sungai Lilin. Jenis metodologi penelitian yang digunakan adalah pre-experimental designs (non designs) dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun sampel dari penelitian ini yaitu kelas VIII B sebanyak 36 siswa dan berdasarkan teknik Simple Random Sampling. Untuk mendapatkan data, penulis melakukan observasi dan memberikan pre-test dan post-tets. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus uji t. Metode make a match adalah metode yang pembelajaran yang digunakan untuk membangkitkan semangat belajar siswa dikelas yang kurang memperhatikan penjelasan guru dikarenakan rasa bosan ataupun jenuh dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode make a match telah diterapkan di SMPN 4 Sungai Lilin pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan terlaksana dengan baik. Penerapan metode make a match, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi perilaku tercela di SMPN 4 Sungai Lilin. Hasilnya yaitu Pada taraf signifikan 5 % = 2,04 dan pada taraf signifikan 1 % = 2,75 ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 4 Sungai Lilin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:09
Last Modified: 13 Sep 2021 06:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item