PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI CECAR KECAMATAN BTS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS

ARIPIANSA, ARIPIANSA (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI CECAR KECAMATAN BTS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III HASIL PENELITIAN.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN & SARAN.docx

Download (17kB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan mempunyai peran ganda, selain sebagai administrator ia juga sebagai supervisor. Adapun sebagai administrator pendidikan kepala sekolah mempuyai fungsi yang intergral dalam proses belajar mengajar disekolah. Sedangkan sebagai supervisor kepala sekolah bertugas membina sekolahnya agar berhasil mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan dan harus mampu mengurus dan mengkoordinir segala kegiatan. Kepala sekolah dalam bidang administrasi sebagai perencana yang bertugas menyelenggarakan masalah yang berhubungan dengan program kerja sekolah, program pengajaran, kesiswaan atau kemuridan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan. Berkaitan dengan hal tersebut maka kepala sekolah sebagai administrator sebagai penggerak utama dalam menjalan tanggungjawab sebagai pemimpin. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Cecar Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu Kabupaten Musi Rawas?. (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Cecar Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu Kabupaten Musi Rawas?. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Cecar Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu Kabupaten Musi Rawas dengan jenis penelitian kualitatif (lapang atau field Studi). Adapun metode pengumpulan data deskriptif (wawancara atau observasi pertisipatoris). Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data dan mengetahui keadaan sekolah, guru, peran kepala sekolah sebagai administrator dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Cecar Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu Kabupaten Musi Rawas, dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keadaan guru, karyawan, siswa, stuktur organisasi, letak geografis, sejarah berdiri serta keadaan sarana dan prasarana yang dimiliki di Sekolah Menengah Pertama Negeri Cecar Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu Kabupaten Musi Rawas. Hasil penelitian ini dari analisis kualitatif dan pembahasan adalah: pertama, kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas pendidikan membuat perencanaan, menyusun organisasi sekolah, bertindak sebagai koordinator dan pengarah serta melaksanakan pengelolan kepegawaian. Kedua, faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah rendanya kualitas guru, rendahnya sarana fisik, mahalnya biaya pendidikan, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB1603 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:11
Last Modified: 13 Sep 2021 06:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item