PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), SHARIAH COMPLIANCE, DAN KOMPLEKSITAS BANK TERHADAP PENGHINDARAN FRAUD PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2010-2017

Dewinto, Tata (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), SHARIAH COMPLIANCE, DAN KOMPLEKSITAS BANK TERHADAP PENGHINDARAN FRAUD PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2010-2017. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Fraud adalah kecurangan atau manipulasi dari laporan keuangan yang sering terjadi di perusahaan besar yang banyak menimbulkan dapat kerugian perusahaan dan sebagai tindakan ilegal. Faktor yang sering terjadi di perusahaan dapat dilihat dari pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size), Good Corporate Governance (GCG), Shariah Compliance, dan Kompleksitas Bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size), Good Corporate Governance (GCG), Shariah Compliance, dan Kompleksitas Bank baik secara simultan maupun parsial terhadap Fraud Pada Bank Umum Syariah. Dalam penelitian ini, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan yang berasal dari Bank Umum Syariah Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan setiap Bank Umum Syariah periode 2010-2017 dengan menggunakan metode purposive sampling. Bank yang akan dijadikan objek penelitian yaitu 9 Bank Umum Syariah (BUS) yang diambil adalah Bank BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank BCA Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Muamalat, Bank Mega Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Panin Syariah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif variabel, uji asumsi klasik, regresi linear berganda dengan tingkat signifikan 5% dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan aplikasi untuk mengelolah yaitu dengan program SPSS versi 17 for window. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Ukuran Perusahaan (Firm Size) terdapat pengaruh negatif yang signifikan terhadap Fraud, sedangkan Good Corporate Governance (GCG) dan Shariah Compliance tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Fraud, dan sedangkan Kompleksitas Bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap Fraud. Secara simultan variabel Ukuran Perusahaan (Firm Size), Good Corporate Governance (GCG), Shariah Compliance, dan Kompleksitas Bank terhadap Fraud berpengaruh dan signifikan terhadap Fraud. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan (Firm Size), Good Corporate Governance (GCG), Shariah Compliance, Kompleksitas Bank, dan Fraud.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:11
Last Modified: 13 Sep 2021 06:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item