PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG

Alaan, Ibnu (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ibnu Alaan (12210117) PAI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru atau pendidik adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru figur manusia, sumber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan. Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang ditandai dengan kemampuannya dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu. Guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mengelola kelasnya sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan data penelitian deskriptif kuantitatif yang dimaksud deskriptif yaitu menggambarkan atau melakukan cara memperoleh data dan menganalisis data yang diteliti. Sedangkan yang dimaksud kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungannya karena kuantitatif sendiri adalah penelitian yang merupakan analisis penelitiannya dengan angka dan menggunakan perhitungan statistik dalam menganalisisnya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Kemudian dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa�siswi kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 280 orang siswa yang terdiri 8 kelas, peneliti memilih satu kelas untuk dijadikan sampel yang dapat mewakili populasi yaitu kelas VII.1. berjumlah 29 orang siswa, untuk mendapatkan data penulis menyebarkan angket untuk siswa dan wawancara perwakilan dari siswa dan guru. Untuk menganalisis data tersebut maka dilakukan dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru PAI tersebut pada kategori sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar skor yang diperoleh dari 19 responden yang menyatakan sedang, setelah dilakukan perhitungan dengan komulatif presentase yaitu (65,52%). Sedangkan Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Palembang dalam keadaan setabil atau sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar skor yang diperoleh dari 23 responden yang menyatakan sedang, setelah dilakukan perhitungan dengan komulatif presentase yaitu (79,31%). Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan kompetensi pedagogik guru PAI terdapat pengaruh yang signifikan anatar kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang. Berdasarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB1603 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:12
Last Modified: 13 Sep 2021 06:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item