EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (STUDI EKSPERIMEN DI PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH PALEMBANG)

NURHAYATI, YETI (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (STUDI EKSPERIMEN DI PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YETI NURHAYATI_SKRIPSI EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri sangat penting pada diri setiap individu tak terkecuali anak asuh, karena dalam hidup kepercayaan diri sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri anak asuh, maka peneliti memberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode kegiatan kelompok dengan judul skripsi Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Studi Eksperimen Di Panti Asuhan Hidayatullah Palembang). Tujuan penelitian untuk mengetahui kepercayaan diri anak asuh antara sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode kegiatan kelompok dan adakah perbedaan tingkat kepercayaan diri setelahnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experiment design menggunakan rancangan bentuk the one group pretest and posttest design. Dalam penelitian ini jumlah populasi penelitian sebanyak 16 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu metode penetapan responden untuk dijadikan sampel berdasarkan kriteria – kriteria tertentu sehingga sampel penelitian sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode triangulasi yaitu angket (kuesioner), observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif menggunakan statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri anak asuh sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok 58.3% dalam kategori sedang dan sesudah mendapat layanan bimbingan kelompok 66.6% dalam kategori sedang. Kemudian hasil uji wilcoxon signed rank test diperoleh Zhitung = 2,670 dan Ztabel = 1,645 dengan taraf signifikan 5% sehingga Zhitung > Ztabel. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri anak asuh sebelum dan sesudah mendapat layanan bimbingan kelompok. Simpulan dari penelitian ini adalah kepercayaan diri anak asuh di panti asuhan Hidayatullah Palembang dapat ditingkatkan melalui kegiatan bimbingan kelompok. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:12
Last Modified: 13 Sep 2021 06:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item