PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA IV DI MAN 3 MODEL PALEMBANG

Anggini, Febi (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA IV DI MAN 3 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Febi Anggini.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni rendahnya kecerdasan emosional yang dimiliki guru dan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa di MAN 3 Model Palembang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kecerdasan emosional guru kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang? Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang? dan Adakah pengaruh antara kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang?. Dalam penelitian ini populasinya adalah anak kelas X MIA IV tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 35, dari populasi tersebut diambil semua sebagai subjek penelitian yaitu 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistik tes “t”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional Guru di MAN 3 Model Palembang, termasuk dalam kategori sedang. Motivasi Belajar Siswa yang diajar Guru yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi maupun Motivasi Belajar Siswa yang diajar Guru yang memiliki Kecerdasan Emosional rendah, termasuk dalam kategori sedang. Setelah dianalisis melalui uji statistik dengan menggunakan tes “t” ternyata hasil dari tes tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan tes “t” dengan hasil 9,81 yang lebih besar dari harga “t” tabel baik pada taraf signifikansi 5% = 2,03 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,72 sehingga Hipotesis Alternatif (Ha) dapat diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:00
Last Modified: 13 Sep 2021 07:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item