PENAMBANGAN PASIR ILEGAL DAN DAMPAKNYA DITINJAU DALAM HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Jungai Kecamatan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih)

ADE, BAGUS (2019) PENAMBANGAN PASIR ILEGAL DAN DAMPAKNYA DITINJAU DALAM HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Jungai Kecamatan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul ‘’Penambangan Pasir Ilegal Dan Dampaknya Di Tinjau Dalam Hukum Islam (Studi Desa Jungai Kecematan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih)’’ melatar belakangai masalah ini adalah sering terjadinya tindak pidana penambangan pasir ilegal permasalahan yang akan dibahas yaitu, (1) Bagaimana proses penambangan pasir di Desa Jungai Kecamatan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih, (2) Apa dampak bagi lingkungan sekitar dari penambangan pasir di Desa Jungai Kecematan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih dan (3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penambangan pasir di Desa Jungai Kecematan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jungai, jenis penelitian menggunakan pendekatan Field Research, metode yang digunakan Purposive sampling. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kualitatif dan ditarik kesimpulan secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses penambangan pasir di Desa Jungai dilakukan secara moderen, kegiatan dilakukan secara ilegal. Dampak yang timbul akibat penambangan pasir menigkatnya polusi suara/kebisingan dan kerusakan alam. Penambang pasir ilegal merupakan sebuah perbuatan yang merugikan banyak pihak. juga berdampak terhadap ekosistem yang ada di sekitarnya. Jarimah penambangan pasir ilegal dihukum dengan ta’zir dikerenakan tidak dapat aturan Al-qur’an. Kata Kunci : Hukum Islam, Ilegal Minin

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:02
Last Modified: 13 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item