EKSPLOITASI WANITA PADA IKLAN SABUN MANDI (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Sabun Mandi Dove body wash edisi Natrium Moisture di Televisi)

Dania, Fitri (2017) EKSPLOITASI WANITA PADA IKLAN SABUN MANDI (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Sabun Mandi Dove body wash edisi Natrium Moisture di Televisi). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Iklan sabun mandi Dove body wash edisi nutrium moisture peneliti angkat karena iklan tersebut merupakan iklan berpotensi adanya peran kapitalis dalam pemanfaatan perempuan dan iklan ini juga menunjukkan adanya gejala eksploitasi terhadap tubuh perempuan, karena di scane iklan tersebut menampilkan perempuan dalam balutan busana mini dan menunjukkan seorang wanita cantik yang sedang mandi , gesture yang menawarkan sensualitas dan terdapat pengambilan gambar mulai dari long shot, knee shoot, medium shot, close up hingga big close up. Penelitian ini termasuk metodologi kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes Gagasan yang dikenal dengan “order of signification”, mencakup denotasi dan konotasi dari penandaan yaitu mitos. Jadi, ketika suatu tanda yang memiliki makna konotasi kemudian berkembang menjadi makna denotasi, maka makna denotasi tersebut akan menjadi mitos. Eksploitasi secara fisik ditunjukkan dengan adanya shot-shot yang mengeksploitir beberapa bagian tubuh tertentu seperti dada, ktiak, lengan dan paha, , disertai bahasa tubuh dan ekspresi yang menunjang terbentuknya imej sexy pada iklan ini. Kaitan analisis semiotika denotasi dan konotasi merupakan hal yang sesungguhnya yang ditampilkan tapi dalam iklan, intinya yaitu dalam hal mitos yang ditemukan di scane ini seseorang yang ingin memiliki tubuh yang indah seperti para model iklan, bukan hanya memakai produk tersebut saja namun butuh proses yang tidak mudah dan butuh waktu, dan jika di kaitkan dengan sisi agama islam. Dalam hal ini dalam Al�Quran surah An-nur ayat 31 Allah telah berfirman yang artinya “ katakanalah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak dari padanya. dan itu menjadi hal yang bertentangan ketika masuk dalam dunia periklanan. KATA KUNCI : Eksploitasi, Analisis Semiotik Roland Barthes, Dove Body Wash edisi Nutrium Moisture

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:02
Last Modified: 13 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item