PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG

MELINDA, SISKA (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SISKA MELINDA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Macromedia Flash 8 dapat menjadi ragam baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena visual efek dan animasi yang interaktif sehingga materi yang akan disampaikan guru bisa diserap oleh siswa dengan lebih baik dan tentunya akan mendapatkan hasil belajar yang optimal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melihat fenomena yang terjadi di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang seadanya saja, sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Rasul Kelas XI di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian adalah seuruh kelas X, XI, XII tahun ajaran 2016- 2017 dengan jumlah siswa 351, dari populasi tersebut yang menjadi 38 siswa sebagai sampel, dalam penentuan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research), dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penggunaan Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus tes “T”. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8 sudah berjalan dengan baik dari setiap tahap pelaksanaan. Sedangkan hasil belajar siswanya tergolong baik sebesar 26,32%. Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik tes “T” ternyata ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa, setelah diketahui nilai uji “t” diperoleh nilai ttabel = 9,6 adalah lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% atau 2,03 < 9,6 > 2,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:02
Last Modified: 13 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item View Item