STUDI EVALUATIF TERHADAP PROGRAM DAN IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI MIN 2 MODEL PALEMBANG

Wijaya, Rian (2017) STUDI EVALUATIF TERHADAP PROGRAM DAN IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI MIN 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIAN WIJAYA septi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi : Studi Evaluatif Terhadap Program dan Implementasi Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana program dan strategi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MIN 2 Model Palembang? bagaimana faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan dan konseling di MIN 2 Model Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh terhada pelasanaan bimbingan dan konseling di MIN 2 Model Palembang. Skripsi ini merupakan jenis penelitian evaluatif atau lebih tepatnya adalah penelitian evaluasi implementasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan kepala sekolah dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan bimbingan dan knseling di MIN 2 Model Palembang. Untuk memperoleh data penulis menggunakan data yaitu: observasi untuk mengetahui data awal tentang program dan implementasi bimbingan dan konseling di MIN 2 Model Palembang, wawancara untuk mengtahui proses dari pelaksanaan program dan implementasi bimbingan dan konseling, dokumentasi digunakan sebagai upaya mengumpulkan data dari beberapa dokumentasi tertulis untuk dijadikan pelengkap data. Dari analisis tersebut, maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MIN 2 Model Palembang sudah terlaksana namun tidak secara terprogram tapi bersifat insidental baru di tangani atau terlaksana dan dilihat dari beberapa strategi layanan bimbingan konseling yang terlaksana dari delapan strategi hanya ada tiga strategi yaitu layanan orientasi, layanan perorangan dan layanan mediasi. Kedua faktor pendukung dan pemghambat, faktor pendukung yaitu: kerja sama antara koselor dewan bimbingan di sekolah, guru bimbingan dan konseling mengikuti pelatihan tentang bimbingan dan konseling. Faktor penghambat adalah terdiri dari faktor internal dari guru bimbingan dan konseling sendiri masih kurang tentang pemahaman serta keterampilan sebab guru bimbingan dan konseling bukan berlatar belakang dari pendidikan biimbingan dan konseling dan persepsi dan minat peserta didik, orang tua yang belum memahami fungsi dan keberadaan bimbingan dan konseling dan juga masih minimnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:02
Last Modified: 13 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item