FENOMENA WISATA RELIGI BAIT AL-QURAN AL-AKBAR TERHADAP PENINGKATAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI RT 03 RW 01 GANDUS KOTA PALEMBANG

ANDRIANI, NITA (2019) FENOMENA WISATA RELIGI BAIT AL-QURAN AL-AKBAR TERHADAP PENINGKATAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI RT 03 RW 01 GANDUS KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Fenomena Wisata Religi Bait Al-Quran Al-Akbar Terhadap Peningkatan Kehidupan Beragama Di Gandus Kota Palembang” ini dilatatarbelakangi karena keinginan penulis untuk melihat bagaimana fenomena wisata religi bait Al-Quran Al-Akbar terhadap peningkatan kehidupan beragama di Gandus. Oleh karena itu penelitian ini mendeskripsikan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apa Gagasan pokok di dirikan Bait Al-Quran Al-Akbar di Gandus kota Palembang ? dan 2. Bagaimana fenomena wisata religi bait Al-Quran Al-Akbar terhadap peningkatan kehidupan beragama di Gandus kota Palembang ?Berdasarkan rumusan tersebut, tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan Fenomena wisata religi Bait Al-Quran Al-Akbar terhadap peningkatan kehidupan beragama di Gandus kota Palembang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian Lapangan ( Field Reserch), adapun jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif yang terdiri dari dua sumber, Pertama: data Primer merupakan data dari informan pada masyarakat yang ada disekitar bait Al-Quran Al-Akbar. Kedua : data Sekunder yang bersumber dari literature sebagai penunjang yang dapat memberikan informasi. Dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu : menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis berdasarkan data yang di peroleh sehingga dapat dimengerti dan dipahami secara keseluruhan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fenomena wisata religi bait Al-Quran Al-Akbar Terhadap peningkatan kehidupan beragama, memang benar adanya perubahan masyarakat setempat yang dulunya biasa-biasa saja terhadap agama sekarang semenjak adanya wisata religi bait Al-Quran Al-Akbar sudah mengalami perubahan lebih baik terhadap nilai agama seperti yang dulunya pengajian ibu-ibu dan remaja tidak aktif dan tidak rutin dilakukan dan tidak banyak yang ikut akan pengajian sekarang berkat adanya wisata religi ini ibu-ibu pengajian aktif dan pengajian dilaksanakan setiap hari jumat,adalagi seperti ikatan remaja masjid (IRMA) menjadi aktif dan remaja-remaja berlomba untuk menghapalkan Al-Quran. Meningkatnya nilai keagamaan, nilai moral dan nilai kehidupan masyarakat, dengan adanya Bait Al-Quran Al-Akbar Masyarakat di sekitar bait al-Quran Gandus lebih mengamalkan Al-Quran dan mencintai AlQuran. yang dulunya Berdampak Negatif sekarang sudah berdampak positif dengan adanya pengajian-pengajian, kajian-kajian islami, bagi masyarakat di Rt 03 Rw 01 Gandus, Terkhusus Masyarakat pedagang Rt 03 Rw 01 di wisata religi Bait Al-Quran Al-Akbar ini. Dan selain itu juga meningkatnya nilai religiusitas, meningkat pula nilai ekonomi pada masyarakat Gandus, tekhusus masyarakat pedagang di Bait Al-Quran Al-Akbar tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:03
Last Modified: 13 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item