PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM BENTUK RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP SERI TANJUNG KABUPATEN OGAN ILIR

Aulia, Aulia (2015) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM BENTUK RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP SERI TANJUNG KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5.doc

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Pembelajaran Tanya - Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. Penerapan Metode Tanya Jawab dalam bentuk Roda Keberuntungan merupakan salah satu jenis pembelajaran yang mengelompokkan siswa duduk membentuk lingkaran besar, kemudian menjawab pertanyaan yang telah di tentukan untuk mencapai ketuntasan materi yang disajikan oleh guru agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai dengan cara peserta didik memutar anak panah yang telah disediakan. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan pada Mata Pelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. 2. Apakah Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan Lebih Baik Daripada Siswa Yang Tidak Diajarkan Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan pada Mata Pelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. 2. Untuk mengetahui Apakah Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan Lebih Baik Daripada Siswa Yang Tidak Diajarkan Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Bentuk Roda Keberuntungan Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini yaitu Posttest- Only Control Design yang merupakan bagian dari rancangan True Experimental Design atau rancangan penelitian yang sebenarnya, nyata dan murni. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan angka-angka. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua murid di SMP Seri Tanjung yang berjumlah 206 orang siswa dengan sampel 54 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A 27 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B 27 orang siswa sebagai kelas kontrol. Sedangkan alat pengumpul data adalah observasi,wawancara, dokumentasi dan tes. Rumus yang digunakan untuk menganalisis data memakai tes “t” dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel kecil (N kurang dari 30) dan kedua sampel satu sama lain saling berhubungan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Tanya Jawab dalam bentuk Roda Keberuntungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam aspek Akidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dari mean (rata-rata) pada kelas eksperimen sebesar 75 dan kelas kontrol 70 yang telah diperoleh dari nilai keseluruhan siswa, serta to yang lebih besar dari pada tt yang lebih besar dari pada t1 baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf 1% yakni : 2,06 < 3,067 > 2.78 Kata kunci: Penerapan Metode Tanya Jawab dalam bentuk Roda Keberuntungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:04
Last Modified: 13 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10448

Actions (login required)

View Item View Item