HADI WIBOWO, GONTI (2018) PENGARUH DAYA TARIK MASKOT MANG JUHAI TERHADAP MINAT PEMBACA DI HARIAN UMUM PALEMBANG POS (STUDI KASUS MASYARAKAT RT 06 RW 02 KELURAHAN SEKIP JAYA KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
GONTI HADI WIBOWO 13530032.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermaksud mengungkapkan pengaruh rubrik Maskot Mang Juhai di Harian umum Palembang Pos terhadap minat pembaca di Kelurahan Sekip Jaya RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh cerita Maskot Mang Juhai sebagai media informasi hiburan terhadap masyarakat di Kelurahan Sekip Jaya RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Selain itu, cerita dari Maskot Mang Juhai ini sendiri mempunyai cerita sendiri yang unik dengan kalimat yang mudah di mengerti sehingga pembaca terhibur setelah membaca berita lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang yang dihitung dengan menggunakan rumus Suharsimi Arikunto yang dikelola menggunakan SPSS Versi 23 dan persentasi yang sederhana. Dilihat dari kajian observasi dan penelitian (Fild Research) dengan menggunakan teori The Individual Theory. Menurut teori perbedaan individual (Individual Differences Theory) oleh Melvin D. Defleur yang menelaah bahwa dalam setiap individu itu terdapat perbedaan-perbedaan merupakan sasaran media massa ketika mereka diterpa sehingga menimbulkan efek. Teori ini berasumsi bahwa khayalak atau pembaca secara selektif memperhatikan suatu pesan atau informasi sesuai dengan keinginannya., sikapnya dan nilai-nilainya. Anggapan dasar teori tersebut ialah bahwa manusia itu bervariasi dalam organisasi psikologi pribadinya. Variasi dalam setiap individu akan perbedaan pandangan, pemikiran, pengetahuan dan lain-lain. Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi perbedaan. Setelah mempelajari dari lingkungan, mereka menghendaki seperangkat nilai dan kepercayaan yang merupakan tatanan psikologinya masing-masing pribadi yang membedakannya dari yang lain. Perhitungan variabel X Maskot Mang Juhai di Harian Umum Palembang Pos memiliki nilai positif dengan jawaban setuju dan dan sangat setuju sebesar 100 % dan beraa direntang skala tinggi dengan nilai mean 43,51% sebesar selanjutnya perhitungan variabel Y Pengaruh Daya Tarik Minat Baca Masyarakat di RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning bernilai positif dengan responden menjawab setuju dan sangat setuju sebesar 97,1% dan berada direntang skala tinggi nilai mean sebesar 42,40% dari hasil uji hipotesis diketahui jumlah keseluruhan sebesar 100% terhadap varibael X, dapat ditafsikan “Cukup” sehingga hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan teori The Individual Theory bahwa cerita Maskot Mang Juhai mempengaruhi minat pembaca masyarakat di RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamtan Kemuning. Kata Kunci: Maskot Mang Juhai, Minat Baca
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 07:08 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 07:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10461 |
Actions (login required)
View Item |