PENGARUH PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG.[SKRIPSI]

HARTA, MEILY (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MEILY HARTA 13270061.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana Pengaruh Penerapan Metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang ? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar di lakukan. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil kelas V yang berjumlah 34 siswa dengan melihat hasil belajar sebelum dan sesudah. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakn observasi, dokumentasi dan tes untuk tes analisa data , penulis menggunakan analisa uji ‘t’ dan TSR. Berdasarkan analisis tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang di lakukan sebanyak 6 kali pertemuan , yaitu 1 kali pretest (sebelum di beri perlakuan) 5 kali treatmen (pemberian perlakuan) dan 1 kali posttest (setelah di beri perlakuan) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang saat pretest rata rata nilai 60 kemudian diadakan posttest setelah diberikan perlakuan sebagai 5 kali pertemuan (treatmen) dengan rata-rata nilai 92. Tes diberikan pada saat pretest dan posttest sama dengan 30 soal pilhan ganda. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Two Stay Two Stray terdapat hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKn di MI Hijriyah II Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji “t” di dapatkan besarnya T yang diperoleh dalam perhitungan = 29,432 dan besarnya “t” yang tercantum pada table nilai t (tt.ts 5% = 2,03 dan tt,ts 1% = 2,72) maka dapat diketahui bahwa lebih besar daripada tt yaitu 2.03 <29,432> 2,72. Dengan demikian maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:10
Last Modified: 18 Jul 2017 08:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item