KONSTRUKSI REALITAS PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TENTANG KEBIJAKAN NEW NORMAL DIMASA PANDEMI (ANALISIS FRAMING BERITA TRIBUNNEWS.COM PERIODE MEI-JUNI 2020)

Wulandari, Syartika (2021) KONSTRUKSI REALITAS PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TENTANG KEBIJAKAN NEW NORMAL DIMASA PANDEMI (ANALISIS FRAMING BERITA TRIBUNNEWS.COM PERIODE MEI-JUNI 2020). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
SYARTIKA WULANDARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Implikasi buruk dari adanya Covid-19 dapat dirasakan di berbagai sektor .Selain sektor kesehatan yang terancam sektor ekonomipun turut mengalami kontraksi. Untuk menanggulangi hal tersebut akhirnya pemerintah membuat berbagai kebijakan salah satunya yaitu kebijakan new normal. Namun di tengah isu kebijakan yang akan dibuat akhirnya menuai pro dan kontra, Hal itu dapat dilihat dari adanya pemberitaan yang tersebar di media online seperti pada berita media Tribunnews.com periode Mei-Juni 2020. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pembingkaian melalui analisis framing model zhondang pan dan Gerald m. kosicki dengan berlandaskan atas teori Agenda Setting. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari proses penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media Tribunnews.com lebih condong kepada sikap keberpihakan terhadap penerapan kebijakan new normal. hal itu terlihat dari empat struktur yang diamati (sintaksis, skrip, tematik dan retoris) lebih menekankan makna hingga penyusunan berita yang menggiring opini khalayak (pembaca) agar percaya dan yakin bahwa kebijakan new normal penting dan telah siap dilaksanakan dalam berbagai wilayah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:23
Last Modified: 13 Sep 2021 07:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item