PENDEKATAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK ACTING AS IF DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA YANG MENGALAMI OBESITAS (Studi Kasus Pada Klien “A” di Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan AlangAlang Lebar Palembang)

YULIANDARI, CITRA SELVIA (2017) PENDEKATAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK ACTING AS IF DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA YANG MENGALAMI OBESITAS (Studi Kasus Pada Klien “A” di Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan AlangAlang Lebar Palembang). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
CITRA SELVIA YULIANDARI (13520010).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pendekatan Psikologi Individual Dengan Teknik Acting As If Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Remaja Yang Mengalami Obesitas (Studi Kasus Pada Klien “A” di Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang)”. Obesitas atau yang biasa dikenal sebagai kegemukan merupakan suatu masalah yang cukup merisaukan di kalangan remaja. Remaja yang mengalami obesitas merasa tidak mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan mereka, seperti yang dialami klien A. Hal yang terjadi dapat berdampak pada kesehatan dan psikologi remaja serta menyebabkan penurunan rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya obesitas pada klien A, bagaimana tingkat kepercayaan diri klien A, dan bagaimana pendekatan psikologi individual dengan teknik Acting As If dalam meningkatkan kepercayaan diri klien A. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun subjek penelitian ini yaitu klien A yang berumur 16 tahun yang mengalami penurunan rasa percaya diri karena obesitas. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Penjodohan Pola, Eksplanasi, dan Analisis Deret Waktu. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa klien A mengalami obesitas karena pola makannya yang tidak sehat dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Dampak dari hal tersebut klien A mengalami penurunan kepercayaan yang ada didalam dirinya ketika hendak berinteraksi di lingkungan sosial. Klien A mendapatkan bullying dan labeling dari teman-temannya. Untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri klien A peneliti menggunakan pendekatan psikologi individual dengan teknik Acting as if atau bertindak seakan-akan klien A dapat menyelesaikan apa yang mereka yakini tidak mungkin dapat mereka selesaikan. terapi konseling ini bertujuan untuk meningkatkan minat sosial dan perasaan klien. Klien A dituntut agar dapat berinteraksi dengan baik dilingkungan sosialnya bertindak seakan-akan tidak memperdulikan perkataan-perkataan orang lain. Hasil evaluasi setelah klien A diberikan bimbingan konseling berkurangnya kekhawatiran dan ketakutan akan di bullying ketika melakukan interaksi sosial, terbentuknya prasangka positif didalam diri klien A, tidak malu lagi apabila berinteraksi, mulai dapat berkumpul dan berteman Serta dapat menjadi motivasi orang lain yang badannya sama dengan klien A. Kata kunci: Psikologi Individual; Percaya Diri; Obesitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:32
Last Modified: 13 Sep 2021 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item