KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM PROSES BELAJAR METODE DARING SELAMA PANDEMI COVID-19(Studi Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Kartisa Kel. Sukajadi, Kec. Talang Kelapa, Kab. Banyuasin)

Tri Oktari, Aldea (2021) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM PROSES BELAJAR METODE DARING SELAMA PANDEMI COVID-19(Studi Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Kartisa Kel. Sukajadi, Kec. Talang Kelapa, Kab. Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Aldea Tri Oktari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sejak munculnya Covid-19 pendidikan di Indonesia menerapkan sistem pembelajaran daring yang sudah jadi keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor 15 untuk memperkuat Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa DaruratCoronavirus Disease (Covid�19).Khusunyapenerapan pada tingkat TK menimbulkan suatu permasalahan bagi para orang tua dan anak-anak, karena banyak orang tua mengeluhkan metode pembelajaran ini seperti komunikasi yang digunakan, hambatan mengenai teknologi sebagai penunjang belajar dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi yang terjalin antara orang tua dengan anak serta mengetahui apa saja hambatan yang dialami orang tua selama pembelajaran daring dengan berlandaskan teori Interaksionisme Simbolik. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan dari ketiga konsep Mead dan Interpersonal Skill, aspek keterampilan komunikasi yang dimiliki orang tua selama pembelajaran daring terjalin efektif dan hubungannya erat. Namun pada metode pembelajaran daring yang dipraktekan kepada anak TK kurang efektif dilakukan. Disamping itu juga terdapat hambatan yang terjadi selama pembelajaran diantaranya kesulitan mengakses sinyal atau jaringan, kesulitan dalam biaya membeli kuota internet, keterbatasan memiliki handphone android, kesibukan orang tua seperti bekerja dan berjualan serta kesulitan terdapat dalam diri anak-anak seperti malas belajar, bosan, dan suasana hati tidak menentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:32
Last Modified: 13 Sep 2021 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item