PADJRIN, PADJRIN (2018) PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG. Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Archive
Tesis Padjrin.zip Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya degradasi moral yang dialami remaja yang dipengaruhi narkoba dan budaya asing tanpa sikap filterisasi. Melihat fenomena ini, madrasah/sekolah berupaya menanggulangi dengan menerapkan program-program pembinaan keberagamaan peserta didik sebagai benteng diri. Salah satunya yang dilakukan oleh MA Patra Mandiri melalui Ekstrakurikuler Keagamaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik masukan (input); proses (process); dan keluaran (output) Ekstrakurikuler Keagamaan di MA Patra Mandiri Palembang dan mengetahui implementasi hidden curriculum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif analitis, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis data model Milles dan Huberman, yaitu melalui proses reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pembinaan keberagamaan siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan ditinjau dari karakteristik input dapat dilihat dari beberapa komponen yaitu a) Tujuan; b) Peserta didik; c) Pendidik; d) Kurikulum; e) Metode; dan f) Alat dan Sarana. Keenam komponen tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi dalam upaya membina keberagamaan peserta didik melalui sebuah sistem yang dinamakan Ekstrakurikuler Keagamaan. Ditinjau dari karakteristik process dapat dilihat pada implementasi beberapa kegiatan yaitu a) Salaman Pagi; b) Tahsinul Qur’an; c) Barzanji; d) Marhaba; e) Muhadhoroh; f) Sholat Zuhur; g) Sholat Jum’at; dan h) Sholat Dhuha. Kegiatan-kegiatan tersebut sebagai upaya membina keberagamaan peserta didik dengan didukung oleh ketujuh komponen dalam Ekstrakurikuler Keagamaan. Dan ditinjau dari karakteristik output lebih banyak mengarah pada sisi non akademis dengan banyaknya prestasi-prestasi yang diraih melalui ajang perlombaan dari berbagai tingkat salah satu tingkat kota. Kedua, Implementasi hidden curriculum dalam ekstrakurikuler keagamaan melalui tiga cara yaitu a) kegiatan rutin yaitu doa bersama, sholat zuhur berjamaah, sholat Dhuha, salaman pagi, dan silaturahmi siswa dengan guru; b) kegiatan mingguan yaitu Tahsinul Qur’an, Marhaba, Barzanji. Muhadhoroh, dan sholat Jumat; dan c) keteladanan guru yaitu kedisplinan, silaturahmi dewan guru, berpakaian rapi dan sopan, dan hidup Bersih.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? BL ?? |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 07:33 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 07:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10509 |
Actions (login required)
View Item |