SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PERGURUAN TINGGI WIDYA DHARMA PALEMBANG BERBASIS WEB

ASHIDIQI, MUHAMMAD HASBI (2017) SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PERGURUAN TINGGI WIDYA DHARMA PALEMBANG BERBASIS WEB. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
revisi setelah ujian.docx

Download (8MB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebagai manusia kita saling membutuhkan orang lain dan tidak dapat hidup sendiri. Dalam pelaksanaan kehidupan sosialnya, dibutuhkan adanya kepedulian, rasa kasih sayang, tolong menolong dan sebagainya. Empati merupakan hal yang sangat diperlukan dalam bersosialisasi atau berhubungan dengan orang lain tersebut. Empati merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti tentang perasaan dan emosi orang lain serta kemampuan untuk membayangkan diri sendiri di tempat orang lain. Kemampuan untuk empati ini mulai dapat dimiliki seseorang ketika menduduki masa kanak-kanak awal dengan demikian dapat dikatakan bahwa semua individu memiliki dasar kemampuan untuk dapat berempati, hanya saja berbeda tingkat kedalaman dan cara mengaktualisasikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang terdiri lima bab, dengan responden utama yaitu guru dan siswa. Data diperoleh dengan menggunakan alat pengumpul data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan secara langsung kepada guru dan Kepala Raudhatul Athfal Perwanida III UIN Raden Fatah Palembang untuk mendapatkan data tentang pola pembinaan empati Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) karena informasi dan data yang diperlukan digali dan dikumpulkan dari lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang diamati. Adapun penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bagaimana kemampuan empati, bagaimana pola pembinaan dan faktor pendukung serta faktor penghambat pembinaan empati di Raudhatul Athfal Perwanida III UIN Raden Fatah Palembang Berdasarkan hasil analisis deskriptif kualitatif diperoleh hasil kemampuan empati siswa di RA Perwanida III UIN Raden Fatah Palembang dikategorikan baik. Kemampuan berempati anak dapat dilihat dari tingkat kemunculan indikator empati. Anak sudah mau berbagi, bekerja sama, bermain bersama tanpa memilih�milih teman. Pembinaan empati siswa di Raudhatul Aathfal Perwanida III UIN Raden Fatah Palembang dengan melalui kegiatan pembinaan pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan empati. Kemudian pembinaan empati juga dilaksanakan sejalan dengan kegiatan pembelajaran, yaitu dengan membangkitkan kesadaran pembendaharaan kata emosi, melalui kisah atau metode cerita teladan dan pengalama secara langsung kepada anak.. Adapaun faktor pendukung pembinaan empati antara lain tingkat pemahaman emosi anak yang sudah baik, adanya kerjasama orang tua dan guru dalam mendidik anak, sosialisasi anak dan kondisi lingkungan. Faktor penghambat pembinaan empati pada anak antara lain tingkat egosentris anak masih tinggi, lingkungan, pola asuh orang tua yang terlalu memanjakan anak, dan ketidakhadiran orang tua secara emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:33
Last Modified: 13 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item