PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI PERILAKU MENCURI PADA ANAK (Studi Kasus Pada Anak Berinisial “Mi” Di Desa Meranjat Kec. Indralaya Selatan Ogan Ilir)

Purnama, Citra (2017) PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI PERILAKU MENCURI PADA ANAK (Studi Kasus Pada Anak Berinisial “Mi” Di Desa Meranjat Kec. Indralaya Selatan Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BARU CITRA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang jadi rumusan masalah ialah bagaimana perilaku mencuri pada anak berinisial “Mi”, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mencuri pada anak berinisial “Mi”, serta bagaimana pendekatan konseling behavioristik untuk mengatasi perilaku mencuri pada anak berinisial “Mi”. adapun tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku mencuri pada anak berinisial “Mi”, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mencuri pada berinisal “Mi”, dan untuk mengetahui bagaimana pendekatan konseling behavioristik untuk mengatasi perilaku mencuri pada anak berinisial “Mi”. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yakni dengan teknik analisis studi kasus dengan melalui wawancara mendalam (proses konseling), teknik analisis terdiri dari penjodohan pola, pembuatan eksplansi, dan analisis deret waktu. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Berinisial “Mi” sebagai sumber primer dan keluarga “Mi” seperti nenek dan pamanya, tetangga ,dan kepala desa meranjat sebagai sumber sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimupulkan bahwa, Pertama, bagaimanaperilakumencuripadaanakinisial “Mi” yakni, ditandaidenganadanya motif, emosional dan orientasi ,kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mencuri pada anak berinisial “Mi” diantaranya ialah iri terhadap orang lain karena keinginan dan kebutuhan berkecukupan, kasih, keluarga yang tidak pernah memperhatikannya atau peduli dan lingkungan yang membuat ia terus melakukan perbuatan yang tidak baik seperti berjudi dengan orang lebih dewasa dari “Mi”. ketiga, bagaimana pendekatan konseling behavioristik pada anak inisial “Mi” yakni mengenai perubahan yang Nampak dari hasil perbandingan antara kondisi awal klien sebelum konseling individu dengan sesudah konseling. Melihat dari hasil yang ada, “Mi” mulai sedikit menemukan tujuan hidup, artinya ia perlahan-lahanakan belajar untuk berperilaku lebih baik karena disini “Mi” akan hidup dengan orang tua angkatnya dan ia akan menerima ajakan dari orang tua yang mau mengankatnya. Kata Kunci : Perilaku Mencuri

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BJ ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:07
Last Modified: 14 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item