TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK HADHANAH SETELAH PERCERAIAN (STUDI KASUS DI DESA MULIA ABADI KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM)

Romin, Romin (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK HADHANAH SETELAH PERCERAIAN (STUDI KASUS DI DESA MULIA ABADI KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROMIN (12140043).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan hadhanah di desa mulia abadi ini permasalahannya adalah:1. Bagaimana pelaksanaan hak hadhanah di desa mulia abadi 2.Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hak hadhanah di desa mulia abadi. Metode dalam penelitian ini adalah penilitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode wawancara (Interview). Penulis memperoleh secara langsung dari pasangan-pasangan yang melaksanakan hadhanah akibat perceraian dan didukung oleh data skunder dan data tersier. Adapun analisis data dalam permasalahan ini digunakan analisis secara deskriptif kualitatif, yakni mengemukakan akan seluruh permasalahan yang ada dengan jelas, dan ditarik kesimpulan secara deduktif. Agar mudah dipahami oleh diri sendiri ataupun oleh orang lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan hadhanah akibat perceraian di Desa Mulia Abadi ini menurut cara mereka sendiri, dimana ayah dari anak-anak tersebut tidak lagi memberikan biaya nafkah hadhanah setelah bercerai dengan mantan istrinya, sehingga ibu merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Ditinjau dari Hukum Islam Pelaksanaan hadhanah di Desa Mulia Abadi ini tidak sesuai dengan Syari’at Islam, dimana ayah dari anak-anak tersebut tidak lagi memberikan biaya nafkah kepada anaknya, sedangkan menurut ajaran Islam ayah dari anak-anak tersebut tetap berkewajiban memberi biaya nafkah hadhanah meski ia telah bercerai dengan istrinya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:08
Last Modified: 14 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item