PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII SMP N 19 PALEMBANG

INAYAH, NURUL (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII SMP N 19 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul Inayah 12210191.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Media audio visual Movie Maker dapat menjadi ragam baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena visual efek, suara, dan animasi yang interaktif sehingga materi yang disampaikan guru bisa diserap oleh siswa dengan lebih baik dan tentunya akan mendapatkan hasil belajar yang optimal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melihat fenomena yang terjadi di SMP Negeri 19 Palembang, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang seadannya saja, sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media audio visual movie maker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna Kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang. Popolasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VII tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa 357, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling yaitu kelas VII.1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research). Dengan desain penelitian one group pretest�postest desingn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi . selanjutnya untuk menghitung pengaruh penerapan audio visual movie maker terhadap hasil siswa digunakan rumus tes “T”. Berdasarkan analisis data pengujian hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh penerapan media audio visual movie maker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna di SMP Negeri 19 Palembang, Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (10,41) yang lebih besar dari pada t tabel (2,03) Kesimpulan: 1) Hasil belajar siswa pada tahap pre test sebelum menerapkan media audio visual movie maker menunjukkan dari seluruh siswa dengan nilai rata-rata kelas 80,28 dengan standar deviasi 5,969; 2) adanya peningkatan hasil belajar pada post test setelah diterapkannya media audio visual movie maker dibanding hasil belajar siswa pada tes awal sebelum diterapkannya media audio visual movie maker yakni sebesar 8,19. 3) Ada pengaruh Penerapan media audio visual movie maker yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna di SMP Negeri 19 Palembang. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan audio visual movie maker sudah berjalan dengan baik dari setiap pelaksanaan. Sedangkan hasil belajar siswanya juga tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus statistik tes “T” ternyata ada pengaruh yang signifikan antara penerapan media audio visual movie maker terhadap hasil belajar siswa, setelah diketahui nilai uji “T” diperoleh hasilnya sebesar 10.41 setelah dikonsultasikan dengan nilai .ttabel pada taraf signifikansi 95% (2,03) ternyata diketahui bahwa hasil thitung lebih besar dari pada nilai ttabel

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:08
Last Modified: 14 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10556

Actions (login required)

View Item View Item