KRISIS KEMANUSIAAN BARU DI INDONESIA TERKAIT PENOLAKAN JENAZAH PASIEN COVID-19 DI BERBAGAI LOKASI “Analisis Isi dalam Pemberitaan Media Online Kompas.com”

Juni Lolita, Cindy (2021) KRISIS KEMANUSIAAN BARU DI INDONESIA TERKAIT PENOLAKAN JENAZAH PASIEN COVID-19 DI BERBAGAI LOKASI “Analisis Isi dalam Pemberitaan Media Online Kompas.com”. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Cindy Juni Lolita.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

COVID-19 masuk ke Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, dan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo bahwa sudah ada 2 kasus resmi yang terinfeksi. Setelah bertambahnya warga Indonesia yang terinfeksi, hingga bermunculan isu-isu kontroversial. Salah satunya penolakan jenazah COVID-19 diberbagai lokasi di Indonesia. Stigma sosial yang dirasakan oleh korban dan keluarga korban positif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif, serta teknik pengumpulan data berdasarakan observasi pada laman berita media online Kompas.com dan dokumentasi untuk melihat berita, gambar dan data pada berita yang diterbitkan Kompas.com mengenai penelitian yang penulis lakukan. Sebagaimana sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitiannya yaitu guna mengetahui bagaimana isi berita dari media online Kompas.com mengenai Penolakan Jenazah COVID-19 diberbagai Lokasi sejak periode 01 April sampai 17 April 2020 ditinjau dari teori Analisis Isi oleh model Holsti. Pada lima berita yang diterbitkan oleh Kompas.com telah memenuhi karakterisitik pesan suatu berita yang objektif, sistematis dan generalis serta mengandung unsur (what, how dan to whom) sesuai dengan teori analisis isi yang dipakai oleh Holsti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat rentan menerima informasi hoaks dari oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga mengakibatkan perselisihan diantara masyarakat lainnya. Begitupun hasil jurnalis dalam mengemas dari 5 berita dapat digolongkan jenis berita tersebut yaitu Straight News, Soft News , Hard News dan Opinion News.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:09
Last Modified: 14 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10570

Actions (login required)

View Item View Item