EFEKTIVITAS PENYULUHAN BINA KELUARGA BALITA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN POLA ASUH ORANG TUA DI BKB AL-MUNTAHA KELURAHAN SAKO BARU KOTA PALEMBANG

FATMASARI, YULITA (2017) EFEKTIVITAS PENYULUHAN BINA KELUARGA BALITA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN POLA ASUH ORANG TUA DI BKB AL-MUNTAHA KELURAHAN SAKO BARU KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
YULITA FATMASARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mengingat tidak ada pendidikan formal untuk orang tua tentang cara-cara merawat dan mendidik anak yang baik dan benar sehingga orang tua memerlukan bimbingan dan arahan yang bisa didapatkan dari berbagai sumber salah satunya yaitu dari penyuluhan Bina Keluarga Balita Al-Muntaha yang bertugas memberikan penyuluhan tentang cara-cara merawat anak sesuai kategori usia anak, mendidik dan mengasuh anak yang baik dan benar. Bagi orang tua yang mengikuti penyuluhan memperolah perubahan pola pengasuhan baik secara kognisi ,afeksi, dan behavioral (ketrampilan tingkah laku). Adapun dalam penelitian ini perubahan yang diharapkan adalah behavioral (ketrampilan tingkah laku). Tujuan dari penelitian ini salah satunya untuk meningkatkan kesadaran diri masyarakat untuk mengikuti dan terlibat dalam proses penyuluhan dan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi BKB AlMuntaha. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakkan penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian yang memberikan gambaran yang jelas tentang situasi situasi sosial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi narasumber utama dalam penelitian ini adalah orang tua yang tergabung dalam Bina Keluarga Balita Al-Muntaha dan kader BKB Al-Muntaha. Dan sumber yang ke-dua diperoleh dari PLKB yang dianggap mengetahui permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1. Proses penyuluhan BKB Al-Muntaha sudah berjalan namun belum optimal yang ditandai dengan tempat, jadwal, dan cara penyampain kader yang belum optimal dalam menyampaikan pesan. 2. Pola asuh orang tua yang aktif mengikuti penyuluhan cenderung memiliki pola pengasuhan yang mendidik dan membimbing, interaksi yang baik, dan menghargai anak walaupun pada penerapannya terjadi ketidak konsistenan dalam penerapan pola pengasuhan, sedangkan orang tua yang tidak aktif mengikuti penyuluhan cendderung menghukum, mengancam, dan tidak meghargai kemampuan anak. 3. Efektivitas Penyuluhan Bina Keluarga Balita al-muntaha baru memberikan efek pada pengetahuannya (kognisi), belum mampu merubah kedalam bentuk perubahan prilaku/ ketrampilan pola asuh. Kegiatan penyuluhan yang belum mampu memberikan dampak yang optimal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal berikut: ketidak hadiran dana oprasional sejak dua tahun terakhir yang membuat kinerja kader menurnu, kesadaran diri masyarakat yang kurang, dan yang terakhir adalah tempat pelaksanaan penyuluhannya yang tidak kondusif dan sering berubah-ubah semakin mendukung ketidak optimalnya kegiatan tersebut. Kata kunci : Penyuluhan dan pola asuh orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? HQ ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:12
Last Modified: 14 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10619

Actions (login required)

View Item View Item