PENERAPAN ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK TIDAK MEROKOK (Studi Kasus Pada Klien “C” Anggota UKMK Karate Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

Romadi, Arif (2019) PENERAPAN ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK TIDAK MEROKOK (Studi Kasus Pada Klien “C” Anggota UKMK Karate Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 ARIF ROMADI (1535200038).pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ARIF ROMADI (1535200038).pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ARIF ROMADI (1535200038).pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ARIF ROMADI (1535200038).pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi berjudul “Penerapan Assertive Training Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Untuk Tidak Merokok Studi Kasus Pada Klien “C” Angota UKMK Karate Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang”. Penelitian bertujuan untuk Mengetahui Bagaimana kondisi Kepercayaan untuk tidak merokok, Faktor apa saja yang mempengaruhi Kepercayaan untuk tidak merokok. Mengetahui Penerapan Teknik Assertive Training Agar Percaya Diri Untuk Tidak Merokok. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, subjek penelitian adalah klien “C” di UKMK Karate UIN Raden Fatah Palembang, dengan metode pengumpulan data; observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data Robert. K. Yin yaitu teknik dari penjodohan pola, eksplanasi, dan analisis deret waktu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan yang dimiliki klien “C” adalah kepercayan diri yang rendah. Pertama yaitu, ditandai dengan; perasaan malu, takut dihina, takut salah, meremehkan tugas, tidak mau susah, ingin posisi aman, tidak ingin berubah dari zona kenyamanan, gugup, minder, prasangka buruk pada diri sendiri. Kedua yaitu dilihat dari faktor-faktor yaitu Faktor internal; Konsep diri yang rendah. Harga diri yang rendah, Pengalaman buruk. Faktor eksternal yaitu keadaan keluarga meliputi; tidak tinggal bersama, jarang berkomunikasi secara langsung, kondisi tempat tinggal tidak nyaman, kurang diperdulikan. Dari penerapan konseling assertive training didapatkan hasil bahwa dapat meningkatkan kepercayaan diri klien C yaitu ditandai dengan. Percaya diri yang dirasakan, ketika melakukan interaksi sosial, berani melawan ketakutan dan kecemasan yang terjadi didalam diri, terbentuknya prasangka positif didalam diri, mulai terbuka untuk berkomunikasi dengan orang lain. Optimis Berfikir positif, dan penuh dengan harapan atas tujuan yang ingin dicapai. Kata Kunci : Assertive Training, Kepercayaan Diri Untuk Tidak Merokok.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
?? HT ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:12
Last Modified: 14 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item View Item