PEMANFAATAN TANAH MARGA DENGAN HAK PANCUNG ALAS UNTUK BANGUNAN RUMAH TINGGAL MENURUT PERMENDAGRI NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PENGOLAAN ASET DESA DALAM KONSEP MASLAHAH MURSALAH (STUDI DI DESA LIMBANG JAYA KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR)

WAHYUNINGSIH, SRI (2019) PEMANFAATAN TANAH MARGA DENGAN HAK PANCUNG ALAS UNTUK BANGUNAN RUMAH TINGGAL MENURUT PERMENDAGRI NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PENGOLAAN ASET DESA DALAM KONSEP MASLAHAH MURSALAH (STUDI DI DESA LIMBANG JAYA KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tanah Marga dengan hak Pancung Alas merupakan tanah yang pengambilan manfaatnya di berikan oleh pemerintahan marga atau pemerintahan desa, dimana hasil pengelolahan dan pengambilan manfaat dari tanah pancung alas diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat desa, pemanfaatan tanah pancung alas sendiri harus ditinjau lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1). Bagaimana pemanfaatan tanah marga dengan hak pancung alas yang diperuntukan untuk bangunan rumah tinggal. 2). Bagaimana pemanfaatan tanah marga dengan hak pancung alas yang diperuntukkan sebagai bangunan rumah tinggal dalam konsep maslahah mursalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan field research (lapangan). Penelitian tersebut yang dilakukan dengan meneliti secara langsung ke lokasi guna untuk mendapatkan data-data yang benar dari peristiwa yang terjadi di Kawasan tanah pancung alas yang berada desa Limbang jaya serta sekelompok masyarakat di sekitarnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti tentang pemanfaatan tanah marga dengan hak pancung alas untuk bangunan rumah tinggal menurut permendagri nomor 1 tahun 2016 tentang pengolaan aset desa dalam konsep maslahah mursalah studi didesa limbang jaya kabupaten ogan ilir, yaitu :1). Pemanfaatan tanah marga/pancung alas yang diperuntukan sebagai bangunan rumah tinggal memiliki kekuatan hukum yang lemah, karena status tanah pancung alas adalah murni aset desa yang pengolaannya di lakukan oleh pemerintahan desa. 2). Pemanfaatan tanah marga dengan hak pancung alas yang diperuntukkan sebagai bangunan rumah tinggal dalam konsep maslahah mursalah ialah benar adanya sebagian masyarakat yang belum mengetahui tentang fungsi tanah pancung alas beranggapan bahwa tanah pancung alas bebas untuk di tinggali sedangkan jika di tinjau dari segi lingkungan maka tanah pancung alas sangat tidak layak untuk dijadikan lahan bangunan rumah tinggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:13
Last Modified: 14 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item