PERSEPSI WARTAWAN TERHADAP PENERAPAN PRINSIP SEMBILAN ELEMENJURNALISME DALAM KINERJA (Studi Kasus Terhadap Wartawan Sriwijaya Post Palembang )

DWI SEPTIYANI, YONANDA (2019) PERSEPSI WARTAWAN TERHADAP PENERAPAN PRINSIP SEMBILAN ELEMENJURNALISME DALAM KINERJA (Studi Kasus Terhadap Wartawan Sriwijaya Post Palembang ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB l Yonanda.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Yonanda.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Yonanda.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan dan Lampiran Yonanda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi untuk melihat persepsi wartawan terhadap penerapan prinsip sembilan elemen jurnalisme dalam kerja wartawan di Sriwijaya Post. Peneliti ingin membuktikan bahwasanya penerapan prinsip sembilan elemen jurnalistik itu memang di gunakan oleh seluruh lapisan wartawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif deskriptif yang bermaksud untuk mengetahui bahwa ada persepsi penerapan prinsip sembilan elemen jurnalisme dalam kinerja wartawan dan merupakan analisis data yang berbentuk angka. Populasi penelitian ini berjumlah 63 orang, sementara sampelnya berjumlah 16 orang yang diperoleh oleh rumus Suharsimi Arikunto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, serta angket/kuisioner. Seluruh data yang diperoleh peneliti ini dengan menggunakan program SPSS 22. Untuk mengetahui valid atau tidaknya item pertanyaan tersebut bisa dilihat pada cored item total correlation yang ketentuannya jika item <r tabel maka item dinyatakan tidak valid, sedangkan jika item >r tabel maka dinyatakan valid. Uji validitas ini menggunakan r tabel product moment dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dengan rumus degree of freedom. Dilihat dari hasil penelitian tersebut, maka di dapatkan bahwa ada pengaruh Penerapan Prinsip Sembilan Elemen Jurnalisme termasuk dalam kategori positif karena jawaban pernyataan setuju dan sangat setuju mencapai 75% atau sekitar 10 responden. Sedangkan, untuk pernyataan kinerja wartawan termasuk dalam kategori yang positif mencapai 75% atau sekitar 10 responden yang telah menjawab pertanyaan tersebut.Dalam bekerja meliput atau mencari berita sebaiknya wartawan lebih tegas dan lebih meningkatkan lagi penerapan sembilan elemen jurnalisme dalam kinerja wartawan untuk mendapatkan sebuah informasi untuk disampaikan kepada khalayak. Kata Kunci : Penerapan Prinsip Sembilan Elemen Jurnalisme Dalam Kinerja Wartawan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:13
Last Modified: 14 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item