SATIRE DALAM PROGRAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA (ANALISIS ISI PADATAYANGAN MATA NAJWA “KIAMAT PEMBERANTASAN KORUPSI” DI TRANS 7) EPISODE 18 SEPTEMBER 2019

ROBIUL AWAL, MUHAMMAD (2021) SATIRE DALAM PROGRAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA (ANALISIS ISI PADATAYANGAN MATA NAJWA “KIAMAT PEMBERANTASAN KORUPSI” DI TRANS 7) EPISODE 18 SEPTEMBER 2019. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Skripsi M. ROBIUL AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Satire adalah ungkapan yang menertawakan atau menolak sesuatu sehingga satire mengandung ungkapan-ungkapan kritik tentang kelemahan manusia. Talk show adalah suatu jenis acara televisi atau radio yang berupa perbincangan atau diskusi se-kelompok orang “tamu” tentang suatu topik tertentu dengan di pandu oleh pemandu gelar wicar. Talk Show Mata Najwa adalah acara bincang-bincang yang ditayangkan di Trans7, ide acaranya yang mempertunjukkan sebuah pola diskusi dengan narasumber-narasumber kelas satu dan menghadirkan topik-topi yang menarik. Penelitian ini berfokus pada satire dan permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah Bagaimana pola kemunculan satire, unsur satire dan fungsi satire dalam program acara Talk Show Mata Najwa di Trans7. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini untuk Mengetahui pola kemunculan satire dan fungsi satire dalam program acara Talk Show Mata Najwa di Trans7. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori Analisis Isi dari Holsti. Berdasarkan pembahasan maka didapatkan hasil 13 kutipan terdiri dari 13 kalimat dan yang termasuk dalam unsur-unsur satire. Pola penggunaan 13 kutipan terdiri 13 kalimat termasuk unsur-unsur satire dalam program acara Talk Show Mata Najwa di Trans7 bermakna menertawakan, menyinggung, dan mengkritik kelemahan suatu pihak agar di adakan perubahan secara etis maupun etnis. Dengan ditandai mimik/ekspresi pembawa acara atau bintang tamu yang mengucapkannya dan nada yang digunakan dengan instonasi yang beraneka ragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:26
Last Modified: 15 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10653

Actions (login required)

View Item View Item