POLA KOMUNIKASI IBU PETANI SEBAGAI ORANGTUA TUNGGAL KEPADA ANAK (Studi Kasus Di Desa Cipta Praja Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin)

Jumaidah, Lisa (2020) POLA KOMUNIKASI IBU PETANI SEBAGAI ORANGTUA TUNGGAL KEPADA ANAK (Studi Kasus Di Desa Cipta Praja Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
LISA JUMAIDAH_1657010068.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pola komunikasi dalam keluarga yang terjalin antara orangtua dan anak merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan perkembangan individu. Setiap orangtua tentunya memiliki pola komunikasi dalam mendidik dan mengasuh anaknya dengan cara yang berbeda-beda. Penelitian ini berjudul Pola komunikasi ibu petani sebagai orangtua tunggal kepada anak di Desa Cipta Praja Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pola komunikasi apa yang digunakan oleh ibu petani sebagai orangtua tunggal kepada anak dan apa hambatan komunikasinya. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan memahami fenomena apa yang di alami oleh objek penelitian di lapangan. Sumber data penelitian ini adalah ibu petani sebagai orangtua tunggal. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Pembelajaran Sosial dari Albert Bandura. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang di gunakan oleh ibu petani sebagai orangtua tunggal di Desa Cipta Praja adalah komunikasi berpola Stimulus-Respon dimana pola ini menunjukkan bahwa komunikasi sebagai suatu proses aksi-reaksi yang sederhana antara orangtua dan anak melalui 4 tahap pembelajaran yaitu perhatian, mengingat, reproduksi gerak, motivasi. Kemudian hambatan komunikasi yang di alami oleh ibu petani sebagai orangtua tunggal kepada anak adalah faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:56
Last Modified: 15 Sep 2021 06:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item