SURYANI, SURYANI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KAIDAH ILMU TAJWID TENTANG MACAM-MACAM MAD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI KELAS DI III MI AL-MANAR GELUMBANG KAB. MUARA ENIM.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SURYANI (1003073).pdf Download (659kB) | Preview |
Abstract
Dari hasil observasi yang dilakukan oleh penulis di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Manar Gelumbang pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung menunjukkan bahwasanya siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan menyerap materi macam-macam mad yang disampaikan guru. Metode yang kurang tepat serta tidak adanya alat bantu mengajar menjadi salah satu penyebab kesulitan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan model tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kaidah ilmu tajwid tentang macam-macam mad pada siswa kelas III MI Al-Manar Gelumbang Kec. Gelumbang Kabupaten Muara Enim Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model tebak kata dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kaidah ilmu tajwid tentang macam-macam mad pada siswa kelas III MI Al-Manar Gelumbang Kec. Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini difokuskan di kelas III MI Al-Manar dengan siswa berjumlah 18 orang, sementara perbaikan pembelajaranya dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian ini berasal dari observasi siswa dan hasil tes siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan. Berdasarkan hasil observasi dari penelitian yang dilakukan di kelas III MI Al-Manar disimpulkan bahwa Penggunaan model tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist menggunakan model tebak kata, karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya model tebak kata dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat di lihat dari : Pencapaian nilai rata-rata. Dilihat dari nilai rata-rata, nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 56.38 di pratindakan, kemudian meningkat menjadi 67.2 di siklus 1, meningkat lagi menjadi 77.7 di siklus 2, kemudian Pencapaian ketuntasan Belajar. Dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar hanya 11.11%, kemudian di siklus 1 meningkat drastis menjadi 50%, kemudian di siklus 2 meningkat dengan signifikan menjadi 94.4%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? BL ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 06:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 06:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1071 |
Actions (login required)
View Item |