PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG

SARI, EKA PURNAMA (2015) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan kategori pretest-posstest only control group design yang melibatkan 34 siswa kelas VII. 2 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan indikator pemahaman konsep siswa tentang materi garis dan sudut, aspek yang diukur adalah aspek pemahaman konsep dengan 7 indikator. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji t. Berdasarkan hasil tes diperoleh kemampuan pemahaman konsep siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelas eksperimen adalah 70,853 dari 34 siswa dan kelas kontrol 46,742 dari 31 siswa. Dari pengujian hipotesis didapat thitung= dan ttabel =1.999, karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak artinya penggunaan metode penemuan terbimbing berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Nahdlatul Ulama Palembang. . Kata Kunci : metode penemuan terbimbing, kemampuan pemahaman konsep siswa, garis dan sudut

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:44
Last Modified: 17 Sep 2021 02:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item