SHALAT SEBAGAI TERAPI DALAM MENGATASI KECEMASAN (studi kasus pada klien B di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim)

PUSPITASARI, RATIH (2019) SHALAT SEBAGAI TERAPI DALAM MENGATASI KECEMASAN (studi kasus pada klien B di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Shalat Sebagai Terapi Dalam Mengatasi Kecemasana (studi kasus klien berinisial B di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim)”. Latar belakang masalah yaitu individu mengalami kecemasan takut terhadap perasaan akan kematian, gambaran kecemasan yang dirasakan individu tersebut seperti mimpi buruk, perasaan berdosa, takut terhadap kematian, dan lainlain. Hal ini berawal dari pergaulan yang tidak sehat dan berpengaruh terhadap individu itu sendiri seperti minuman keras, berjudi, dan lain-lain, setelah beberapa lama menjalani hal tersebut pada suatu malam individu mengalami mimpi buruk yaitu mimpi tentang kematian sehingga membuatnya mengalami kecemasan dan menimbulkan rasa takut terhadap kematian yang berlebihan. Rumusan masalah yaitu bagaimana gambaran kecemasan yang dialami klien B, bagaimana gambaran shalat yang dilaksanakan klien B, bagaimana terapi kecemasan melalui shalat yang dilaksanakan klien B. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecemasan yang dialami klien B, untuk mengetahui gambaran shalat klien B saat terjadi kecemasan, untuk mengetahui shalat sebagai terapi dalam mengatasi kecemasan menghadapi kematian klien B. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti melakukan penelitian dan mengkaji lebih dalam untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan mnggunakan metode analisis data yaitu perjodohan pola, eksplanasi, dan analisis deret waktu. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa tingkat kecemasan klien “B” berada pada tingkat kecemasan berat sekali. Setelah klien melakukan terapi shalat yang dilaksanakan pada waktu yang ditentukan peneliti hasil dari tingkat kecemasan klien mengalami perubahan menjadi kecemasan ringan serta klien menjadi individu yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:01
Last Modified: 17 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10725

Actions (login required)

View Item View Item