TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISPARITAS PUTUSAN PIDANA DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Putusan Pengadilan Negeri Palembang Nomor 120/Pid.Sus/2015/PN.PLG )

RAMDONI, MUHAMMAD (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISPARITAS PUTUSAN PIDANA DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Putusan Pengadilan Negeri Palembang Nomor 120/Pid.Sus/2015/PN.PLG ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Terjadinya perbedaan mencolok dalam proses penjatuhan putusan pidana terhadap pelaku dalam perkara yang sama atau berkarakter sama, biasa disebut Disparitas Pidana. Adanya disparitas pidana penjatuhan putusan hukum pada Tindak Pidana Narkotika yang dilakukan oleh pelaku menjadi sangat menarik untuk diteliti lebih dalam. Adapun Penelitan ini berjudul Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap disparitas pidana dalam tindak pidana narkotika (Putusan No 120/Pid.Sus/2015). Dua hal yang diangkat sebagai rumusan masalah penelitian. Pertama, Apa Dasar Pertimbangan Hakim Terhadap Disparitas Putusan Pidana dalam Tindak Pidana Narkotika (Putusan No.120/Pid.Sus/2015/PN.Plg). Kedua, Bagaimana tinjauan hukum pidana islam mengenai Disparitas Putusan Pidana dalam Tindak Pidana Narkotika (Putusan No.120/Pid.Sus/2015/PN.Plg). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa dasar pertimbangan hakim sehingga terjadi disparitas putusan terhadap tindak pidana narkotika (No.120/pid.sus/2015/PN.Plg) dan untuk mengetahui pandangan hukum pidana Islam mengenai disparitas putusan terhadap tindak pidana narkotika (No.120/pid.sus/2015/PN.Plg). Manfaat dalam penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perkembangan ilmu hukum dan berguna untuk menambah wawasan pengetahuan tentang disparitas putusan dalam tindak pidana narkotika. Metode yang dipakai untuk penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research) yang pada dasarnya mempelajari secara intensif seorang individu yang mengalami kasus tertentu dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini terletak pada Surat Putusan Pengadilan Negeri Palembang. Dari hasil penelitian ini dan analisis data yang dilakukan oleh penulis, peranan hakim dalam penanggulangan disparitas putusan pidana narkotika, secara umum sudah menunjukan perannya dengan maksimal sebagai aparat penegak hukum dalam memutus suatu perkara, dengan melihat fakta di dalam ix persidangan dan membuat putusannya menjadi disparitas, karena hakim memutuskan perkara dengan hati nurani dan sesuai dengan apa yang terjadi dipersidangan. Kata kunci : Disparitas, Narkotika, Putusan Hakim

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum-Pidana-Islam ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:01
Last Modified: 17 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item View Item